PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR KALIMAS SURABAYA JAWA TIMUR (Studi deskriptif tentang Usaha-usaha DISPARTA dalam Mengembangkan Obyek Wisata Air Kalimas sebagai Wisata Air Pertama di Tengah Kota Surabaya, Jawa Timur)

HARTATY OCTAVIA, 079810473-S (2001) PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR KALIMAS SURABAYA JAWA TIMUR (Studi deskriptif tentang Usaha-usaha DISPARTA dalam Mengembangkan Obyek Wisata Air Kalimas sebagai Wisata Air Pertama di Tengah Kota Surabaya, Jawa Timur). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis Pw.104-01.Oct p.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyelengaraan jasa pariwisata merupakan perangkat yang penting dalam pembangunan, untuk menciptakan lapangan kerja meratakan pendapatan masyarakat, memperkenalkan seni budaya dan keindahan alam, serta memupuk rasa cinta tanah air dan kesatuan bangsa, terutama bagi generasi muda. Pembangunan pariwisata Indonesia dimaksudkan pula sebagai salah satu sumber penghasil devisa negara. Demikian juga pembangunan wisata air Kalimas bertujuan untuk menjadikan Kalimas sebagai alternatif obyek wisata untuk rekreasi keluarga yang representatif, murah dan meriah. Selain itu juga ingin menjadikan Surabaya sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Timur. Oleh karena itu perlu dilihat mengenai sejauh mana usaha-usaha yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata kota Surabaya untuk mengembangkan wisata air Kalimas Surabaya menjadi wisata air pertama ditengah kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan disekitar aliran Kalimas mulai dan bermain dari samping Monumen Kapal Selam (MONKASEL) sampai di taman prestasi dan bermain anak yang terletak di jalan Ketabang Kali, dan metoda penelitian yang digunakan adalah Metoda penelitian diskriptif kualitatif yang memiliki tujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan akurat tentang meterial atau fenomena yang sedang diselidiki. Sedangkan Informan yang dipilih untuk membantu penulisan tugas akhir ini antara lain yaitu perangkat Dinas Pariwisata kota Surabaya, warga masyarakat penghuni sekitar sungai, pengelola perahu air di taman wisata dan pengunjung taman wisata Ketabang Kali. Pemilihan informan tersebut antara lain berdasarkan oleh beberapa alasan yaitu: subyek masih terlibat aktif kepada lingkungan yang menjadi sasaran penelitian dan sudah lama tinggal secara intensif dan menyatu dengan kegiatan yang menjadi obyek penelitian. Metoda pegumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan penggunaan bahan sekunder. Usaha pengelolaan wisata air Kalimas dititikberatkan pada faktor yang dapat menahan wisatawan agar lebih lama tinggal. Usaha-usaha tersebut meliputi: pengadaan atraksi, perbaikan fasilitas seperti perahu, dermaga, loket dan juga pemeliharaan taman. Dari usaha-usaha tersebut tentu saja terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah masalah pendanaan. Namun pada dasamya keberhasilan pengembangan. wisata air Kalimas sangat bergantung pada berbagai hal seperti dukungan dana yang memadai, peran serta pihak swasta dan LSM lainnya dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.101/01 Oct p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: wisata air
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC401-506 River, lake, and water-supply engineering (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
HARTATY OCTAVIA, 079810473-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Nurdin Razak, S. SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 30 May 2017 19:37
Last Modified: 30 May 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item