PERANAN PRESS RELEASE DALAM MENUNJANG PEMASARAN DI HOTEL (Studi Deslaiptif Tentang Upaya PR Dalam Mengoptimalkan Press Release Sebagai Sarana Untuk Menginformasikan Kegiatan dan Produk Di Hotel Patra Surabaya Hilton International Surabaya)

ARNAWATI, 079710208- S (2001) PERANAN PRESS RELEASE DALAM MENUNJANG PEMASARAN DI HOTEL (Studi Deslaiptif Tentang Upaya PR Dalam Mengoptimalkan Press Release Sebagai Sarana Untuk Menginformasikan Kegiatan dan Produk Di Hotel Patra Surabaya Hilton International Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis Pw.105-01.Arw p.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Public Relations merupakan salah satu unsur dari marketing mix yang berfungsi untuk memperlancar dan menunjang program dan perencanaan dari pihak pemasaran. Public Relations sebagai salah satu unsur yang berfungsi untuk mempublikasikan kegiatan dan produk hotel, salah satu sarana publikasi tersebut adalah Press Release. PR Hotel Hilton lebih memilih press release sebagai sarana publikasi karena press release tidak memerlukan biaya atau gratis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Patra Surabaya Hilton International Hotel. Dimana informannya antara lain adalah Public Relations Executive, Director of Sales, FB Manager, wartawan atau editor surat kabar yang sering dikirimi release oleh PR Hotel Hilton, serta pelanggan dan calon konsumen pengguna produk hotel. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap aktivitas PR dalam menulis dan mengirim press release, tetapi peneliti tidak ikut berperan secara aktif dalam kegiatan PR, dalam artian hanya melakukan fungsi pengamatan. Dalam penelitian ini penehti menggunakan bahan dokumen, yaitu press release sebelum dan sesudah dimuat oleh surat kabar dan beberapa dokumen lain yang mendukung penelitian. Dalam penentuan tema untuk release PR Hilton lebih dulu melihat produk apa yang ingin dijual kepada publiknya dan juga kegiatan apa yang ada dihotel yang apabila diberitakan akan menimbulkan citra yang baik mengenai hotel di masyarakat sehingga mendapatkan simpati dari publik. Untuk pemilihan tema release PR hotel Hilton lebih sering menggunakan tema produk sebagai tema releasenya. Dalam penentuan tema release PR Hotel Hilton tidak selalu memperhatikan trend news atau apa yang menjadi trend berita pada saat itu. Untuk penulisan release PR Hotel Hilton mempunyai guidance sendiri yang sudah ditetapkan oleh manajemen Hotel Hilton yang disesuaikan dengan karakter masing-masing media yang akan dikirimi release. Upaya agar release dimuat dilakukan dengan menulis berita dengan format yang bagus, selalu menjaga hubungan baik dengan pihak media massa, dan mengantarkan release tersebut secara langsung kesurat kabar yang bersangkutan. Setelah release yang dikirimkan sudah dimuat, PR mengadakan evaluasi terhadap release tersebut. Hal -hal yang dievaluasi antara lain berapa jumlah media yang memuat release, kadar kesalahan penulisan, macam ulasan dan pengulangan. Upaya-upaya PR dalam mengoptimalkan Press Release sebagai sarana untuk menginformasikan produk dan kegiatan hotel antara lain yaitu dengan selalu melakukan evaluasi terhadap release yang dimuat dan memperhatikan segala masukan atau umpan balik terhadap release tersebut, selalu melibatkan pers dalam setiap acara-acara yang dilaksanakan oleh hotel, tidak berhenti membina hubungan dengan pihak pers, memperluas jangkauan release dengan menambah jumlah surat kabar yang dikirimi release, selalu mengirimkan release mengenai acara-acara yang diadakan dihotel dengan format penulisan dan berita yang menarik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.105/01 Arw p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: press, hotel
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARNAWATI, 079710208- SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhidayati, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 30 May 2017 20:59
Last Modified: 30 May 2017 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item