ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN PENYELIAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA MENURUT PENYELIA STUDI PADA KEBUN TEH PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN KERTOWONO LUMAJANG

MOHAMAD WILDA MAFRUKHIN, 049510214M (1997) ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN PENYELIAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA MENURUT PENYELIA STUDI PADA KEBUN TEH PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN KERTOWONO LUMAJANG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 72.99 Maf a.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai bagian dari IJpaya pemberdayaan Badflfl-badan Usaha Mllll< Negara (BUMN) umumnya dan PT Perkebunan khususnya agar lebih siap dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas, langkah--Iangkah slralegis dikaji secara lerus menerus dan mulal dicoba untuk diterapkan. Langkah konsolidasi dan reslruklurisasi dimaksudkan untuk semakin meningkatkan efisiensi dan daya saing BUMN. Dalam situasi pasar persaingan global penerapan produklMlas merupakan sarana keunggulan bersaing, lelapi kendala slralegis dalam membudayakan produktivitas sebagai elemen budaya kerja dalam pembangunan nasional adalah kesiapan Sumber daya manusia (SOM). Penelilian mengenai pengaruh pendekalan penyeliaan terhadap produklMtas pekerja ini, dilakukan di Kebun Teh PTP Nusanlara XII Kebun Kerlowono Lumajang. Oi sam ping untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap produklivilas pekerja. Adapun variabel pendekatan penyeliaan yang dibahas dalam penelitian adalah variabel pengawasan ketat, persuasif, partisipasi, konflik dan renlang kendall. Model analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Responden adalah penyelia pada kebun teh PTPN XII sebanyak 8"0 orang atau lolal sampe!. Kesimpu/an penelitian ini, adalah produklivitas pekerja kebun teh Kerto'Nono Lum ajang secara bersama-sam a (serentak) dipengaruhi secara signifikan pada laraf 0,05 oleh pengawasan ketat, persuasif, parlisipasi, konflik dan renlang kendalL Variabel-variabel lersebut secara bersama mempengaruhi produktMtas pekerja sebesar 59,14· persen. Variabel persuasif secara parsial mempunyai pengaruh dominan lerhadap produktivltas pekerja kebun teh Kertowono Lumajang, dilunjukkan dengan sumbangannya sebesar 19,49 persen. Beberapa sarall yang direkomendasikan berkailan dengan hasil-hasil penelitian ini, yakni pendekalan pell'leliaan sudah selayaknya mulai mendapalkan perhalian serius dari perusahaan berupa dukungan penuh pihak manajemen. Terulama menyangkul aspek penyelia sebagai subyek dalam merencanakan, memolivasi, mengarahkan dan mengendalikan kegialan pekerja nonmanajeria!. Pihak manajemen seharusnya bersifat persuasif dalam m enerapkan kebijakannya. Hendakn'la lebih memberikan bekal memadai kepada para penyelia berupa pelatihan, kursus hingga pendidikan, yang akan memotivasi penyelia pada kinerja terbaiknya. Memberikan perhatian terhadap kesejahteraan karyawannya, memberikan tempat bagi ide-ide maupun gagasan berkembang dan menumbuhkan sikap dan keleladanan produktif dan lerpuji para penyeUa maupun para pimpinan kebull lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PRODUKTIVITAS PEKERJA, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MOHAMAD WILDA MAFRUKHIN, 049510214MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. UMAR NIMRAN, Prof., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 May 2017 22:02
Last Modified: 30 May 2017 22:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item