ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENOASARI KEPUTUSAN BERLANGGANAN SURAT KABAR JAWA POS DAN PENGARUH FAKTOR-FAKTOR TERSEBUT TERHADAP KESETIAAN PELANGGAN DI KOTAMADYA SURABAYA

TATIK SURYANI, 049510247M (1997) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENOASARI KEPUTUSAN BERLANGGANAN SURAT KABAR JAWA POS DAN PENGARUH FAKTOR-FAKTOR TERSEBUT TERHADAP KESETIAAN PELANGGAN DI KOTAMADYA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 75.99 sur a.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembangnya industri di bidang informasi, khususnya sural kabar menjadikan industri ini relatif ketat persaingannya, Dalam kondisi lersebul kesuksesan perusahaan akan banyak ditentukan oleh sejauh mana perusahaan memiliki pelanggan-pelanggan yang memiliki kesetiaan tinggi. Oleh karena itu, informasi mengenai faktor-fakor yang mendasari keputusan berlangganan serta keterkaitan faktor-faktor tersebut dengan kesetiaan pelanggan amat diperlukan. Perusahaan surat kabar Jawa Pos yang bergerak di bidang penerbitan surat kabar yang dihadapkan pada kondisi tersebut, amat memerlukan informasi mengenai hal itu, Karena itu, dilakukan penelitian int. Teknik two-stage cluster proportional random sampling digunakan untuk mengambil sam pel sejumlah 430 orang pada populasi pelanggan surat kabar Jawa Pos di Kodya Surabaya Teknik analisis faktor digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang mendasan kepurusan berlangganan surat kabar dan teknik anaIisis diskriminan digunakan untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut mampu menjelaskan adanya perbedaan antara pelanggan yang kesetiaannya tinggi dengan yang rendah Sedangkan teknik ANOV A satu jalan digunakan guna mengetahui pengaruh variabel-variabel demografi terhadap faktor yang memiliki konstribusi besar dalam menjelaskan kesetiaan pelanggan, Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 17 faktor yang mendasari kepurusan berlangganan surat kabar Jawa Pos. Faktor-faktor tersebut berturutturut dari yang paling besar pengaruhnya adalah (I) manfaat artikel, manfaat pengetahuan dan peluang bisnis, (2)aktualitas, (3)distribusi, (4)harga, (S)manfaat sosial, (6)bahasa, (7)penampilan foto, (8)gaya penyampaian dan iIIustrasi, (9) bentuk tiga seksi dan berita regional, (10) tanggapan dalam tajuk rencana dan keterpercayaan, (11)promos~ (12) netralitas dan analisis penyajian bidang sosial politik, (13) obyektivitas dan daftar isi, (14)tanggapan terhadap surat pembaca dan analisis penyajian bidang ekonomi bisnis, (IS) kritis dalam tanggapan dan manfaat prestise sosial, (16) tata letak, dan (17) manfaat hiburan, Secara keseluruhan faktor-faktor tersebut mampu menjelaskan adanya perbedaan antara pelanggan yang kesetiaannya ringgi dengan yang rendah. Dari tujuh faktor, tiga faktor yang memiliki sumbangan besar dalam menjelaskan adanya perbedan tersebut, ditelusuri lebih Ian jut apakah faktor tersebut dipengaruhi oleh variabelvariabel demografi. Dari analisis varian satu jalan terungkap bahwa jenjang pendidikan pelanggan berpengaruh terhadap faktor manfaat hiburan. Implikasi dari penelitian ini bahwa sebaiknya perusahaan perlu memperhatikan ke tujuh belas faktor tersebut terutarna yang memiliki pengaruh besar dalam bauran pemasarannya guna mendapatkan sejumlah besar pelanggan serta untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu dimilikinya pelanggan-pelanggan yang memiliki kesetiaan tinggi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PENENTUAN KEPUTUSAN, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
TATIK SURYANI, 049510247MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAMIRUDDIN UMAR, DRUNSPECIFIED
ContributorY. HENKY SUPIT, Prof., AkUNSPECIFIED
ContributorH. M. S. IDRUS, SE., M.Ec., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorTJIPTOHADI SAWARISWORO, Drs., M.Ec., Ph.D., AkUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 May 2017 22:30
Last Modified: 30 May 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item