PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN KERJA DAN PEMANFAATANNYA DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA, KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

ANDREA THRISIAWAN PRADHANA, 100901023 (2012) PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN KERJA DAN PEMANFAATANNYA DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA, KRIAN KABUPATEN SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstract.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan modal utama tenaga kerja untuk beraktifitas secara maksimal pada saat bekerja. Kesehatan kerja yang optimal dapat meningkatkan produktifitas kerja. Dalam upaya pemeliharaan dan meningkatkan kesehatan, maka penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja di perusahaan sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja dan pemanfaatannya di PT. Charoen Pokphand Indonesia, Krian Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan analisis data, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan tenaga kerjadan pemanfaatannya di PT. Charoen Pokphand Indonesia, Krian Kabupaten Sidoarjo. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2012. Tenaga kerja sebanyak 32 responden di bagian produksi. Variabel yang diteliti meliputi karakteristik pekerja, penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja, progam pelayanan kesehatan kerja, dan pemanfaatan pelayanan kesehatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja di PT. Charoen Pokphand Indonesia, Krian Kabupaten Sidoarjo dalam bentuk rumah sakit rujukan di RS. Anwar Medika Krian. Program pelayanan kesehatan kerja yang telah dilaksanakan meliputi program pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, pemeriksaan kesehatan sebelum kerja, pemeriksaan kesehatan berkala, pemeriksaan kesehatan khusus, pemantauan dan pengendalian lingkungan kerja. Fasilitas yang mendukung penyelenggaraan kesehatan kerja berbentuk Unit Gawat Darurat, Poli Umum, Poli Spesialis, Poli gigi, Laboratorium, Rawat Inap, Unit Gizi, Unit Penunjang Medis seperti apotik. Sebanyak 30 responden (94%) memanfaatkan dengan baik pelayanan kesehatan kerja di RS. Anwar Medika. Sebanyak 28 responden (88%) merasa nyaman, dan sebanyak 24 responden (75%) merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RS. Anwar Medika. Perusahaan disarankan memiliki poliklinik perusahaan sendiri dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja dan pemanfaatannya di perusahaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM.HKK. 18/12 Pra p
Uncontrolled Keywords: OCCUPATIONAL HEALTH SERVICE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDREA THRISIAWAN PRADHANA, 100901023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndriati Paskarini, SH, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 13 Dec 2012 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5800
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item