KAJIAN PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA DENGAN MODEL SIMULASI

NOVIANA YANIAR, 089210923 (1998) KAJIAN PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA DENGAN MODEL SIMULASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mpm 35.98 Yan k.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efisiensi pelayanan terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan model simulasi untuk studi kasus ekspor. PengambiIan data dilakukan selama beberapa jam dalam setiap shift di terminal peti kemas. Pengukuran dilakukan untuk waktu pelayanan, antar waktu pelayanan, dan waktu tunggu cOlltailler cralle, head truck dan tower crane. Khusus untuk head truck ditambahkan pengukuran waktu peljalanan dad dermaga ke lapangan penumpukan dan sebaliknya. Data yang diperoleh disepadankan distribusinya dengan uji Kolmogorov Smirnov. Kemudian distribusi sepadanan tersebut dianalisis dengan program simulasi yang berbasis bahasa Pascal dan di tampilkan dengan program Delphi. Dari program simulasi terse but diperoleh keefisienan dari pelayanan terminal peti kemas yaitu efisiensi lama sibuk dad head truck (HT), tower crane(TC) dan container crane (CC). Efisiensi tersebut diperoleh dari waktu lama sibuk dibagi dengan waktu lama simulasi. Kemudian dilakukan uji coba kombinasi jumlah untuk masing-masing alat sehingga diperoleh hasil efisiensi tcrbaik dad ketiga alat tersebut. Hasil efisiensi tcrbaik diperoleh berkisar antara 75 % '- 85 %, dengan kombinasi jumlah alat HT : TC : CC adalah Shift 1 : 16 : 1 : I unit, shift 11 : 20 : 1 : I unit dan shift 111 : 21 : 1 : 1 unit. Program simulasi yang tersedia hanya untuk data yang berdistribusi Erlang dengan parameter (m,p). Kata Kunci : Simulasi, Terminal Peti Kemas, Pascal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK MPM 35.98 Yan k FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Matematika Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5691-5716 Business mathematics. Commercial arithmetic Including tables, etc.
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
NOVIANA YANIAR, 089210923UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEKO TJAHJONO, Drs.UNSPECIFIED
ContributorTRI ACHMADI, Ir.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 05 Jul 2017 16:58
Last Modified: 05 Jul 2017 16:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item