PENGARUH PEMBERIAN FURADAN 3G TERHADAP PERUBAHAN HISPATOLOGI GINJAL, KADAR NITROGEN UREA DARAH DAN KREATININ SERUM TIKUS PUTIH (Raltus norvegicus)

LOKMAN HADI, 069312031 (1998) PENGARUH PEMBERIAN FURADAN 3G TERHADAP PERUBAHAN HISPATOLOGI GINJAL, KADAR NITROGEN UREA DARAH DAN KREATININ SERUM TIKUS PUTIH (Raltus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 2.99 had p.pdf

Download (595kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Furadan 3G<W terhadap perubahan histopatologi ginja4 Kadar nitrogen urea darah (BUN) dan Kadar kreatinin serum tikus putih. Penelitian menggunakan 24 ekor tikus putih jantan berumur kurang lebih dua sarnpai tiga bu1an sebagai hewan percobaan yang dibagi secara acak menjadi tiga ke1ompok per1akuan dengan masing-ma.c;;ing perlakuan terdiri atas deJapan ulangan. Ketiga kelompok perlakuan itu adalah sebagai berikut kelompok kontrol atau PO (pemberian Furadan 30® dengan dosis 0,0 mg/kg BB atau akuades), kelompok perlakuan pertama atau Pl (pemberian Furadan 30® dengan dosis 0,4 mglkg BB) dan perlakuan kedua atau P2 (pembcrian Furadan 3G\Sl dcngan dosis 0,8 lUg/kg BB). Pt:lIlbt:lian perlak1lan Furadan 3G® sccara oral deng'dn menggunakan sonde 1ambung. Raneangan percobaan yang digunakan adalah raneangan aeak lengkap dengan tiga perlakuan dan tiap-tiap perlakuan terdiri dari delapan ulangan. Data perubahan histopatologi ginjal dianalisis dengan uji Kruskal Wallis, apabila rnenUlllukkan perbedaan yang nyata rnaka dilakukan dengan uji Z dengan taraf signifikan 5%. Sedangkan untuk kadar nitrogen urea darah dan kreatinin serum digunakan rancangan aeak lengkap, apabila menunjukkan perbedaan yang nyata dilanjutkan dengdIl uji BNT dengdIl taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemberian insektisida Furadan 30® mcnllnjukkall pcrhtxtaan yang nyatn terhadap perubahan histopatologi ginjal tctapi tidak berbeda nyata terhadap kadar nitrogen urea darah dan krentinin serum tikus pu1ih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK Kh 2.99 Had p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Insecticides, Pathology, Veterinary
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
LOKMAN HADI, 069312031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAJIK AZMIJAH, S.U.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorRr. RATIH RATNASARI, S.U.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 16:50
Last Modified: 06 Jul 2017 16:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58173
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item