PENGARUH PENYINARAN ULTRA VIOLET DENGAN LAMA PENYIMPANAN SETELAH PENYINARAN TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA KULIT KARKAS AYAM PEDAGING

WAHYUNI SETYANINGRUM, 069612330 (2002) PENGARUH PENYINARAN ULTRA VIOLET DENGAN LAMA PENYIMPANAN SETELAH PENYINARAN TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA KULIT KARKAS AYAM PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 47.03 set p.pdf

Download (591kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyinaran ultraviolet 254 nm dengan lama penyimpanan setelah penyinaran terhadap total bakteri pada kulit karkas ayam pedaging. Sampel penelitian beropa enam ekor ayam pedaging yang dibeli dari produsen ayam. Setiap sampel ayam diambil kulit bagian dada kemudian dibagi menjadi dua bagian yang sarna dengan ukuran 5 x 5 senti meter. Satu bagian disinari ultraviolet 254 run dengan jarak 50 sentimeter selama 30 menit dan bagian yang lain sebagai kontroL Kemudian dilakukan pemeriksaan dan penanaman dengan metode Viable Count Technique pacta media Nutrient Agar. Desain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari dua perlakuan dan enam kali ulangan Perlakuan A dan B, yaitu dengan dan tanpa sinar ultraviolet. Perhitungan jumlah koloni yang tumbuh pada Nutrient Agar pacta lama penyimpanan 0 jam (tanpa peenyimpanan), 6 jam, 12 jam, dan 18 jam pada suhu kamar. Data dianalisis dengan menggunakan sidik ragam, bila ada pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan uji BNT 1 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyinaran ultraviolet 254 run berpengaroh sangat nyata terhadap total bakteri pacta kulit karkas ayam pedaging (P<O,OI). Waktu penyimpanan maksimum pada subu kamar (28°C) yang men'lenuhi syarat standar pembusukan pacta daging ayam dan Menteri Pertanian diberi penyinaran ultraviolet 254 run dengan jarak 50 sentimeter selama 30 menit adalab 12 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 47.03 Set p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Ultraviolet, Bakteri, Karkas
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
WAHYUNI SETYANINGRUM, 069612330UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI AGUS SUDJARWO, PhD.,Drh.UNSPECIFIED
ContributorERNI ROSILAWATI, M.S.,drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jul 2017 16:40
Last Modified: 09 Jul 2017 16:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58224
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item