PENGARUH EKSTRAK Aloe vera Linn DIBANDINGKAN DENGAN GEL Aloe vera Linn SEGAR SEBAGAI BAHAN PENGOBATAN LUKA TERBUKA PADA TIKUS PUTIH

YOANA MARCELLIE, 069612331 (2001) PENGARUH EKSTRAK Aloe vera Linn DIBANDINGKAN DENGAN GEL Aloe vera Linn SEGAR SEBAGAI BAHAN PENGOBATAN LUKA TERBUKA PADA TIKUS PUTIH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 48.02 masr p.pdf

Download (603kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengaruh ekstrak Aloe vera Linn dibandingkan dengan penggunaan gel Aloe vera Linn segar terhadap persentase kesembuhan luka terbuka pada tikus putih. Pada penelitian ini digunakan 35 ekor tikus putih jantan strain Wistar dengan umur kurang lebih empat bulan dan dibagi menjadi empat kelompok perlakuan, dua kelompok kontrol dan satu kelompok blangko dimana masingmasing kelompok terdiri dan lima ekor tileus. Penelitian ini dilakukan menurut metode Morton yang dimodifikasi dengan luka terbuka berdiameter dua senti meter. Pada kelompok perlakuan diberikan ekstrak Aloe vera Linn 20%, 40%, 80"10 dan gel segar Aloe vera Linn. Kelompok kontrol dibagi meI1iadi dua yaitu kontrol positif dengan pemberian povidon yodium 10% dan kontrol negatif dengan pemberian tarutao CMC Nil, sedangkan untuk blangko luka tidak diberikan perlakuan apapun. Pengamatan diameter kesembuhan luka dilakukan setiap hari. Rancangan percobaan yang dipergtmakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap. Data diolah dengan menggunakan metode statistik analisis varian, serta dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur, untuk menyelidiki perbandingan anIMa rata-rata perlakuan. HasH yang diperoleh dari hari ketiga sampat" hari ke-20 menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesembuhan luka terbuka anIMa kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dan btangko sangat berbeda nyata. Aloe vera Linn dapat digunakan sebagai bahan obat penyembuhan luka oleh karena kemampuannya dalam merangsang aktifitas fibroblas serta kandungan bahan aktifnya yang bersifat sebagai anti mikroba. Basil penelitian ini terlihat bahwa ekstrak Aloe vera Linn yang diberikan secara topikal dapat meningkatkan persentase kesernbuhan luka terbuka pada rikus putih, tetapi pemberian gel segar Aloe vera Linn memberikan hasil yang terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 48.02 Masr p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Aloe vera Linn, Tikus putih
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
YOANA MARCELLIE, 069612331UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSETYAWATI SIGIT, M.S.,Drh.UNSPECIFIED
ContributorSRI PANTJA MADYAWATI, M.Si.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jul 2017 16:42
Last Modified: 09 Jul 2017 16:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item