IMPLIKASI ATURAN GAMBAR PERINGATAN KESEHATAN PADA KEMASAN ROKOK DALAM PP NO. 109 TAHUN 2012 DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM INVESTASI INDONESIA

MUHAMMAD ALI MUSTHAFA KEMAL, 031111129 (2016) IMPLIKASI ATURAN GAMBAR PERINGATAN KESEHATAN PADA KEMASAN ROKOK DALAM PP NO. 109 TAHUN 2012 DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM INVESTASI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 02-17 Kem i abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 02-17 Kem i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implikasi Aturan Gambar Peringatan Kesehatan Pada Kemasan Rokok dalam PP No. 109 Tahun 2012 Ditinjau dari Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Investasi Indonesia”. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan konsumen dalam PP No. 109 Tahun 2012 dan untuk mengetahui apakah terdapat potensi pelanggaran terhadap aspek hukum investasi dengan adanya aturan pencantuman gambar peringatan kesehatan pada kemasan rokok dalam PP No. 109 Tahun 2012. Berdasarkan tujuan penulisan skripsi, maka rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) “Apakah pengaturan mengenai gambar peringatan kesehatan dalam kemasan rokok pada PP No. 109 Tahun 2012 telah memberikan perlindungan pada konsumen?”, (2) “Apakah pengaturan gambar peringatan kesehatan dalam kemasan rokok menciptakan hambatan teknis di bidang hukum investasi?”. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan statue approach, yaitu dengan menganalisis aspek hukum yang terkandung dalam permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini dengan melihat aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, serta pendekatan conceptual approach, yakni pendekatan masalah dengan beranjak dari pandangan-pandangan dan doktrindoktrin yang berkembang di dalam ilmu hukum. Dari pendekatan tersebut, rumusan masalah pertama mengenai perlindungan konsumen dalam PP No. 109 Tahun 2012, diketahui bahwa PP No. 109 Tahun 2012 memberikan bentuk perlindungan konsumen dengan adanya pemberian informasi dalam bentuk gambar peringatan kesehatan sebagai perwujudan dari hak konsumen atas informasi dan kewajiban pelaku usahan dalam memberikan informasi terkait produknya. Sedangkan pada rumusan masalah kedua mengenai potensi adanya hambatan teknis dibidang hukum investasi melalui pengaturan gambar peringatan kesehatan pada kemasan rokok, pengaturan yang diterapkan tersebut masih berada dalam batas wajar, dimana tidak menciptakan hambatan teknis, maupun penghapusan hak pencantuman merek bagi pelaku usaha yang melakukan investasi di Indonesia. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Investasi, Gambar Peringatan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 02-17 Kem i
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Investasi, Gambar Peringatan Kesehatan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD ALI MUSTHAFA KEMAL, 031111129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Purnama, S.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Jun 2017 18:03
Last Modified: 21 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item