NCB-INTERPOL INDONESIA DAN PERANANNYA DALAM PENEGAKAN HUKUM ATAS KEJAHATAN TRANSNASIONAL TERORGANISASI (KAJIAN OUTLAW MOTORCYLE CLUB GANG DI INDONESIA)

RIZAL WIDYA AGUSTA, 031311133164 (2017) NCB-INTERPOL INDONESIA DAN PERANANNYA DALAM PENEGAKAN HUKUM ATAS KEJAHATAN TRANSNASIONAL TERORGANISASI (KAJIAN OUTLAW MOTORCYLE CLUB GANG DI INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 14-17 Agu n abstrak.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 14-17 Agu n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globasisasi dewasa ini, laju pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat memudahkan setiap orang untuk berhubungan satu sama lain. Dengan banyaknya peralatan canggih yang diciptakan menjadikan seolaholah batas antar negara menjadi hilang, karena berbgai informasi dapat diterima dan dikirim ke negara lain tanpa melalui prosedur yang rumit. Peradaban manusia terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Seiring perkembangan manusia tersebut berkembang pula jenis lain kejahatan di sekitar kita. Dalam era seperti ini, tidak menutup kemungkikan terdapat banyak sekali kejahatankejahatan yang baru yang timbul yang diikuti dengan berbagai modus operandi baru seperti Outlaw Motorcyle Gangs (yang disebut OMG) adalah organisasi yang anggotanya menggunakan klub motor mereka sebagai saluran untuk perusahaan kriminal. OMG sangat terstruktur organisasi kriminal yang anggotanya terlibat dalam kegiatan kriminal seperti kejahatan kekerasan, perdagangan ilegal senjata, perdagangan obat terlarang illegal. Ada lebih dari 300 OMGs aktif di Amerika Serikat, mulai dari ukuran cabang tunggal dengan lima atau enam anggota untuk ratusan cabang dengan ribuan anggota di seluruh dunia. Menyadari bahwa Amerika Motorcycle Association telah menyatakan bahwa kurang dari 1% dari pengendara sepeda motor Amerika milik geng motor penjahat. Outlaw bikers bangga perbedaan itu dan akan sering memiliki patch yang bertuliskan "1% er". Kebanyakan pengendara sepeda motor yang bekerja keras pekerja kerah profesional dan biru. Penulisan ini penulis akan mengambarkan dari perspektif peranan Interpol dalam menanggulangi dan melakukan penerapan pernegakan hukum/Law Envorcement dalam tindak pidana ini khususnya di indonesia. OMG ini memberikan dampak domino yang sangat besar terhadap perubahan pola pikir yang terpengaruh keberadaan OMG ini di Indonesia telah masuk tanpa ada pengawasan yang sangat serius dari aparat penegak hukum di Indonesia, dari 10 besar OMG di dunia ada 3 dan yang di berikan notice tindak kriminal dari banyak unsur kepolisan negara lain, INTERPOL, EUROPOL, ASEANAPOL, dll. Secara resmi membuka Chapter di Indonesia dan bahkan membuat acara bersekala internasional. Kata kunci: Kejahatan terorganisir, INTERPOl, NCB-INTERPOl Idonesia, penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH. 14-17 Agu n
Uncontrolled Keywords: Kejahatan terorganisir, INTERPOl, NCB-INTERPOl Idonesia, penegakan hukum.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIZAL WIDYA AGUSTA, 031311133164UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLina Hastuti, Dr., S.H., M.H.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Jul 2017 18:47
Last Modified: 03 Jul 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item