Pengaruh Kedekatan Geografis dan Kedekatan Sosial Pada Kerjasama Melalui Komtment relasional Penyumbang

Tanti Handriana, Dr., S.E., M.Si. (2013) Pengaruh Kedekatan Geografis dan Kedekatan Sosial Pada Kerjasama Melalui Komtment relasional Penyumbang. Seminar Nasional & Call For Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-5. p. 149. ISSN 2338-994X

[img] Text (Artikel)
Tanti Handriana_Karya Ilmiah 020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Tanti Handriana_Peer Review 020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/0B40EG7mb_y-aQ1lBR...

Abstract

Baik organisasi laba maupun nonJaba, keduanya membutuhkan relasi yang baik dengan pelanggan. Kedekatan antara penyumbang dengan orang-orang yang menerima sumbangan menjadi pain penting dalam membentuk relasr antara penyumbang dan organisasi filantropi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis pengaruh kedekatan geografis dan kedekatan sosial penyumbang dengan orang-orang yang akan menerima sumbangan pada niat untuk bekerjasama dengan organisasi filantropi, melalui komitmen relasional sebagai variabel mediator. Riset ini menggunakan metode surver, dengan sampel berupa penyumbang individu pada organisasi filantropi. Adapun jumlah responden sebanyak 507. Structural equation modeling (SEM) dipilih sebagai teknik analisis. Dalam riset ini juga dilakukan pengembangan pengukuran untuk konstruk kedekatan geografis dan kedekatan sosial melalui proses Focus Group Discussion (FGD), karena dalam riset-riset sebelumnya aktivitas ini beJum pemah dilakukan. Studi ini menguji 3 hipotesis, dua di antaranya didukung, sementara satu hipotesis tidak terdudung, yaitu pengaruh kedekatan geografis pada komitmen relasional. Sementara itu, kedekatan sosial berpengaruh signifikan pada komitmen relasional, serta komitmen relasioal berpengaruh pada niat penyumbang untuk bekerjasama dengan organisasi filantropi. Dengan demikian, basil riset ini mendukung konsep relationship marketing dengan mendudukk.an variabel komitmen relasional sebagai variabel mediator. Akhimya, sebagai kontribusi dari basil studi ini bahwa teori pertukaran sosial dan konsep relationship marketing juga sesuai untuk organisasi nonlaba dan dalam konteks business lo consumers (B2C).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kedekatan Geografis, Kedekatan Sosial, Komitmen Relasional, Kerjasama, Relationship Marketing.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Q Science > QP Physiology > QP1-345 General Including influence of the environment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Tanti Handriana, Dr., S.E., M.Si.handriana_tanti@yahoo.com
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 11 Jul 2017 15:39
Last Modified: 11 Jul 2017 15:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58400
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item