STUDI BENTUK AKUNTABILITAS DESA SEBAGAI SEBUAH HUBUNGAN SOSIAL PERSPEKTIF AGENCY THEORY (Pelaksanaan Asas Akuntabilitas dalam Otonomi Desa di Desa Tegalsari Kabupaten Banyuwangi)

WARDANU SAPUTRO, 041211333004 (2017) STUDI BENTUK AKUNTABILITAS DESA SEBAGAI SEBUAH HUBUNGAN SOSIAL PERSPEKTIF AGENCY THEORY (Pelaksanaan Asas Akuntabilitas dalam Otonomi Desa di Desa Tegalsari Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 08-17 Sap s abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 08-17 Sap s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji bentuk akuntabilitas desa sebagai sebuah hubungan sosial, yaitu hubungan antara pemerintah desa dengan para prinsipal. Penelitian dilakukan di Desa Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi lebih mengedepankan pada makna atas suatu fenomena sehingga data yang digunakan dalam penelitian ini lebih kepada data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas oleh masyarakat desa dimaknai sebagai bentuk tanggungan pemerintah akan hasil dari program yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, masyarakat, supradesa, dan rekanan menjadi prinsipal bagi pemerintah desa, sehingga pemerintah desa berkewajiban untuk melaksanakan asas akuntabilitas guna menjaga hubungan baik antara pemerintah desa dengan prinsipalnya, masing–masing prinsipal dengan pemerintah desa mempunyai bentuk akuntabilitasnya sendiri. Bentuk akuntabilitas desa yang pertama adalah akuntabilitas masyarakat, merupakan bentuk akuntabilitas pemerintah desa dengan masyarakat, indikator dari akuntabilitas masyarakat adalah adanya musyawarah dusun, musyawarah desa, pembangunan infrastruktur dan pelaporan desa yang mudah diakses oleh masyarakat. Kedua akuntabilitas supradesa, merupakan bentuk akuntabilitas pemerintah desa dengan pemerintahan diatas desa (supradesa) yang diwujudkan dengan adanya laporan semester pertama dan laporan akir semester yang ditujukan kepada Bupati dengan menjunjung nilai ketatapemerintahan desa yang tertib hukum dan tertib administrasi. Ketiga akuntabilitas rekanan, merupakan bentuk akuntabilitas desa dengan mitra kerja (rekanan). Dasar dari akuntabilitas rekanan adalah nota kesepakatan yang telah disepakati bersama, sehingga bentuk akuntabilitas didasarkan pada nota kesepakatan yang ada. Kata kunci: Pemerintah Desa, Akuntabilitas, Akuntabilitas sebagai sebuah Hubungan, Teori Keagenan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 08-17 Sap s
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa, Akuntabilitas, Akuntabilitas sebagai sebuah Hubungan, Teori Keagenan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WARDANU SAPUTRO, 041211333004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr., Dra., M.Si. ,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 Jul 2017 18:42
Last Modified: 06 Jul 2017 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item