BENTUK LOYALITAS DONATUR PADA ORGANISASI FILANTROPI

Tanti Handriana, Dr., S.E., M.Si. (2015) BENTUK LOYALITAS DONATUR PADA ORGANISASI FILANTROPI. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 8 (3). pp. 165-176. ISSN Print ISSN : 1979-3650, E-ISSN : 2548-2149

[img]
Preview
Text (Artikel)
Tanti Handriana_Karya Ilmiah 013.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Peer Review)
Tanti Handriana_Peer Review 013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
Official URL: http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JMTT/articl...

Abstract

Baik organisasi laba maupun nonlaba, keduanya membutuhkan relasi yang baik dengan pelanggan (donatur). Relasi yang terjalin di antara donatur dan organisasi filantropi merupakan kunci untuk meraih keberhasilan dan kelanggengan organisasi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menggali dan menganalisis informasi tentang bentuk-bentuk loyalitas pelanggan/donatur pada organisasi filantropi. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam (indepth interview) pada para donatur organisasi filantropi. Sebagai pembanding (tri angulasi), maka dilakukan wawancara mendalam juga dengan pakar manajemen pemasaran serta organisasi filantropi. Hasil riset menunjukkan bahwa donatur yang memiliki komitmen relasional yang tinggi, kepercayaan yang besar pada organisasi, dan rasa terima kasih pada organisasi filantropi cenderung memiliki perilaku loyal pada organisasi filantropi di mana mereka selama ini mendonasikan uangnya. Adapun bentuk-bentuk loyalitas yang mereka lakukan antara lain adalah berupa kemauan untuk terus memberikan sumbangan di organisasi filantropi, apabila mendapat rezeki yang lebih banyak maka jumlah donasi yang mereka berikan juga akan ditingkatkan, tidak akan beralih ke organisasi lainnya, rela/berkenan untuk memberikan sumbangan tenaga dan fikiran mereka apabila organisasi membutuhkannya, serta tidak sungkan-sungkan untuk memberikan masukan demi kebaikan dan masa depan organisasi tersebut. Dengan demikian, hasil riset ini mendukung konsep relationship marketing dan konsep loyalitas di organisasi non laba.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komitmen relasional, kepercayaan, rasa terima kasih, loyalitas, relationship marketing
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL465-470 Worship of Human Beings
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB636.3 Gifts. Charitable gifts. Donations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tanti Handriana, Dr., S.E., M.Si.handriana_tanti@yahoo.com
Depositing User: Ny Etika Feri W.
Date Deposited: 30 Jul 2017 15:53
Last Modified: 30 Jul 2017 15:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58483
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item