PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

AYRTON HUTABARAT, 0411323039 (2017) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 18-17 Hut p abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 18-17 Hut p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu standar akuntansi keuangan yang muncul akibat adanya konvergensi IFRS adalah PSAK 55 (revisi 2011). Perbankan merupakan lembaga keuangan yang dipengaruhi standar ini, dimana instrumen keuangan merupakan komponen utama dari aset dan liabilitas bank. Dalam mengevaluasi instrumen keuangannya, bank menggunakan dua pengukuran yang berbeda: amortised cost dan fair value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share dan ukuran perusahaan terhadap harga saham perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu harga saham dan laporan keuangan tahunan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 108 sampel untuk periode 2010-2013. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham yang diukur dengan rata-rata harga saham penutupan tiga bulan setelah akhir tahun buku. Peneliti menganalisis variabel selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share dan ukuran perusahaan terhadap harga saham perbankan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan tingkat signifikansi 5%, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham perbankan ketika perbedaan nilai antara loans book value dan loans fair value dipertimbangkan. Maka dapat disimpulkan bahwa perbankan seharusnya mempertimbangkan selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share dan ukuran perusahaan, karena informasi tersebut digunakan oleh investor untuk mengambil keputusan investasi. Kata kunci : IFRS, PSAK 55, selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share, ukuran perusahaan, harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 18-17 Hut p
Uncontrolled Keywords: IFRS, PSAK 55, selisih loans book value dan loans fair value, book value per share, earnings per share, ukuran perusahaan, harga saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG178 Liquidity
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AYRTON HUTABARAT, 0411323039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwiek Dianawati, Dr., SE., M.Si., Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jul 2017 19:28
Last Modified: 09 Jul 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58503
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item