PERENCANAAN PAJAK DALAM PEMILIHAN BENTUK USAHA YANG TEPAT SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN BEBAN PAJAK (STUDI KASUS UD SR)

DIANITA NUR LAILIYAH, 041411323070 (2017) PERENCANAAN PAJAK DALAM PEMILIHAN BENTUK USAHA YANG TEPAT SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN BEBAN PAJAK (STUDI KASUS UD SR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 28-17 Lai p abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 28-17 Lai p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pajak dalam pemilihan bentuk usaha yang tepat sebagai upaya mengoptimalkan beban pajak penghasilan. Peneliti menganalisis perencanaan pajak terhadap UD SR yang merupakan agen semen merk “X”. UD SR terdaftar sebagai orang pribadi dengan nama usaha UD SR yang berdomisili di Kota Situbondo. Semakin berkembangnya usaha yang dimiliki, membuat omset dan laba pun meningkat, hal ini juga menyebabkan pajak penghasilan yang harus dibayar menglamai kenaikan. Kenaikan laba dan pajak pennghasilan yang diprediksi akan meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan UD SR melakukan perencanaan pajak, perencanaan pajak yang dilakukan pemilihan bentuk usaha, antara PT, CV atau OP. Masing-masing bentuk usaha akan memperoleh perlakuan yang berbeda mulai dari beban pajak (tax burden), pengurangan-pengurangan (deduction) yang diberikan maupun tarif yang dikenakan. Dengan demikian pemilihan bentuk usaha dalam menjalankan bisnis merupakan faktor yang penting karena akan berpengaruh terhadap perhitungan besarnya besarnya beban pajak penghasilan yang harus ditanggung oleh Wajib Pajak.hasil kajian terhadap tiga alternatif pilihan bentuk usaha yaitu perseorangan, PT, atau CV menunjukkan bahwa pemilihan bentuk usaha CV merupakan pilihan yang paling tepat dikarenakan alternatif tersebut yang paling tepat dapat meminimalkan beban pajak penghasilan UD SR. Kata kunci : perencanaan pajak, pajak penghasilan, bentuk usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 28-17 Lai p
Uncontrolled Keywords: perencanaan pajak, pajak penghasilan, bentuk usaha.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DIANITA NUR LAILIYAH, 041411323070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMienati Somya Lasmana, Dra., M.Si., AK,.BKP., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jul 2017 21:42
Last Modified: 09 Jul 2017 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58527
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item