PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

MELATI PUSPITANINGRUM, 041211333112 (2017) PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 32-17 Pus p abstrak.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 32-17 Pus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan. Dalam penelitian ini komponen-komponen modal intelektual yaitu Human Capital Efficiency (HCE), Structural Capital Efficiency (SCE) dan Capital Employed Efficiency (CEE) yang digunakan sebagai variabel independen. Modal intelektual diukur dengan model Pulic, yaitu Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Kinerja keuangan diukur dengan menggunakan Return on Assets (ROA). ROA diukur dari laba bersih dibagi dengan total asset perusahaan. Pada penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan leverage. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural dari total asset dan leverage diukur dari total debt dibagi total asset perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI selama tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Purposive sampling digunakan sebagai metode dalam penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa HCE tidak memberikan pengaruh positif terhadap kinerja keuangan sedangkan SCE dan CEE memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan. Kata kunci: Modal Intelektual, HCE, SCE, CEE, ROA, industri perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 32-17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Modal Intelektual, HCE, SCE, CEE, ROA, industri perbankan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1723 Bank stocks. Banking as an investment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
MELATI PUSPITANINGRUM, 041211333112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgus Widodo Mardijuwono, Drs., M.Si., Ak., CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Jul 2017 00:14
Last Modified: 10 Jul 2017 00:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item