DAYA HAMBAT AKTIVITAS ENZIM GLUKOSILTRANSFERASE (GTF) Streptococcus mutans OLEH EKSTRAK TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

AMANDA, 021311133065 (2016) DAYA HAMBAT AKTIVITAS ENZIM GLUKOSILTRANSFERASE (GTF) Streptococcus mutans OLEH EKSTRAK TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 24-17 Ama d abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 24-17 Ama d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Streptococcus mutans merupakan bakteri yang berperan sebagai agen utama penyebab karies gigi, yang memiliki enzim glukosiltransferase (GTF). Enzim GTF akan mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukan. Salah satu herbal tradisional yang dapat berperan sebagai antibakteri adalah temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) yang mengandung xanthorrhizol, curcumin, flavonoid, tanin, dan saponin. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap aktivitas enzim GTF Streptococcus mutans. Metode: Penelitian ini menggunakan ekstrak temulawak konsentrasi 25%, 37,5%, dan 50% sebagai perlakuan, chlorhexidine 0,12% sebagai kontrol. Metode penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu penyiapan ekstrak temulawak konsentrasi 25%, 37,5%, dan 50%, penyiapan enzim GTF dari supernatan Streptococcus mutans, dan pengujian aktivitas enzim GTF melalui analisis konsentrasi fruktosa dengan menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Pembacaan luas area fruktosa dilakukan berdasarkan waktu retensi. Satu unit aktivitas enzim GTF di definisikan sebagai 1 μmol fruktosa/ml dari enzim/jam. Hasil: Hasil perhitungan aktivitas enzim GTF dengan Post-Hoc Tukey (HSD) menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan konsentrasi 25%, 37,5%, dan 50% dengan kelompok kontrol (p<0,05). Simpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak temulawak konsentrasi 25%, 37,5%, dan 50% tidak dapat menghambat aktivitas enzim glukosiltransferase Streptococcus mutans. Kata kunci: Curcuma xanthorrhiza Roxb. glucosyltransferase, Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK KG. 24-17 Ama d
Uncontrolled Keywords: Curcuma xanthorrhiza Roxb. glucosyltransferase, Streptococcus mutans.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AMANDA, 021311133065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Kunarti, Prof. Dr., drg., MS., Sp.KG(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAgus Subiwahjudi, drg., MS., Sp.KG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jul 2017 20:26
Last Modified: 11 Jul 2017 20:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item