ANALISIS PERBEDAAN LIKUIDITAS SAHAM LQ-45 SEBELUM DAN SESUDAH DIPERDAGANGKANNYA INDEKS FUTURES

FENDY GUNAWAN, 049816198 (2003) ANALISIS PERBEDAAN LIKUIDITAS SAHAM LQ-45 SEBELUM DAN SESUDAH DIPERDAGANGKANNYA INDEKS FUTURES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 71.04 G un a.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan yang pesat dari pasar modal telah meningkatkan peranan saham dan obligasi sebagai salah satu altematif investasi utama bagi investor. Selain pada aset keuangan tradisional. investor juga dihadapkan pada altematif investasi lain yang relatif baru berkembang pesat akhir-akhir ini yaitu derivatif. Derivatif adalah instrumen keuangan dimana imbal basilnya diturunkan dari aset lain. Dengan kata lain, kinerjanya tergantung pada bagaimana k.inerja aset lain. Pada tanggal 13 Agustus 2001, PT Bursa Efek Surabaya meluncurkan satu produk baru yang dikenal dengan nama LQ-45 Futures yang menggunakan indeks LQ-45 sebagai underlying QSsets-nya. Kehadiran produk ini dapat lebih meningkatkan likuiditas underlyling assets karena fleksibilitasnya dalam mempertemukan hedger dan spekulator. Dengan derivatif memungkinkan orang melakukan transaksi secara gampang, cepat. dan murah sehingga kehadiran LQ-45 Futures diharapkan akan memaeu perkembangan perdagangan sekuritas derivatif di Indonesia pada masa mendatang. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui apabh terdapat perbedaan yang signifikan pada likuiditas saham LQ-45 sebelum dan sesudah diperdag~ya Indeks FUhlres yang ditunjuldam deogao meningkatnya volume transaksi saham sesudah launching dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada likuiditas saham LQ-45 sebelum dan sesudah diperdagangbnnya Indelcs Futures yang ditunjuklcan dengan menunmnya bid-osk spread sabam sesudah launching. Model analisis yang digunakan dalam peoelitian ini adalah event study untuk mengetahui nilai residu volume tnmsaksi di sekitar tanggallaunching Indeks Futures dan relative spread di sekitar tanggal launching Indeks Futures, serta model perbandingan dua rata-rata untuk mengetahui pengaruh launching Indeks Futures terhadap likuiditas sabam LQ-45. Bagian akhir dari skripsi ini memberik:an kesimpulan bahwa temyata dari basil pengujian t dua sampel independen untuk nilai rata-rata AAR pada periode pengujiail, terdapat kesamaan antara rata-rata AAR sebelum dan sesudah launching perdagangan derivatif LQ-45 Futures. Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan likuiditas pada sabam-saham LQ-45 sebelum dan sesudah launching Indeks Futures apabila dilihat dari kriteria volume transaksi. Demik:ian pula halnya dengan kriteria likuiditas kedua yang digunakan yaitu relative spread. Dari basil pengujian t dua sampel independen, tidak terdapat perbedaan relative spread sebelum dan sesudah launching Indeks Futures sehingga likuiditas saham LQ-45 tidak berbeda secara signifikan baik sebelum maupWl sesudah launching Indeks Futures.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FENDY GUNAWAN, 049816198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B.M.SANTIKA, Dr., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:05
Last Modified: 12 Jul 2017 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item