ANALISIS PENGARUH FAKTOR -FAKTOR KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL, HOTEL MAJAPAHIT, SURABAYA

RIZQI ARYUNINGTYAS, 049811944 E (2003) ANALISIS PENGARUH FAKTOR -FAKTOR KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL, HOTEL MAJAPAHIT, SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 77.04 Ary a.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu sektor bisms yang cukup berkembang dalam kuantitas dan kuaIitas adalah sektor jasa perhotelan. Persaingan dalam bidang perhotelan terutama pada hotel-hotel yang bertaraf internasional di Indonesia. khususnya di Surabaya sangat ketat, mulai dati tarif kamar yang bersaing, fasilitas yang disediakan, restorm, serta pelayanan memuaskan yang diberikan kepada para tamu. Oleh karena itu, agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis perhotelan maka masing-masing hotel dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dati konswnen. Untuk menunjang hal tersebut, sebuah hotel membutuhkan swnber daya manusia yang handal dan berkualitas. Pihak hotel tidak hanya menuntut para karyawan untuk melakukan yang terbaik untuk perusahaanya, namun harus mampu menciptakan suasana kerja yang baik dengan ditandai oIeh kualitas kehidupan kerja yang memuaskan agar dapat mempertahankan karyawannya yang kompeten. Berdasarkan maian singkat tersebut maka rwnusan masalah yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah faktor-faktor kualitas kehidupan kerja yang terdiri dati kompensasi, partisipasi, lingkungan kerja dan pengawasan secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Mandarin Oriental, Hotel Majapahit. Surabaya ? 2. Diantara faktor-thlctor tersebut diatas, faktor manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja karyawan Mandarin Oriental, Hotel Majapahit, Surabaya? Sementara hipotesis yang diajukan adalah: 1. Faktor-faktor kualitas kehidupan kerja yang terdiri kompensasi, partisipasi, lingkungan kerja, dan pengawasan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Mandarin Oriental, Hotel Majapahit, Surabaya. 2. Faktor kompensasi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan kerja karyawan Mandarin Oriental, Hotel Majapahit, Surabaya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji regresi linear berganda dengan hasil sebagai berikut: 1. Hipotesis 1 (satu) terbukti kebenarannya karena thlctor-faktor kualitas kehidupan kerja yang terdiri kompensasi (Xl), partisipasi (X2), lingkun~ kerja (X3), dan pengawasan (X.) secara bersama-sama mempunyai pengaruh (R2) sebesar 73,3% tcrhadap kcpuasan kcrja karyawan Mandarin Oricntal, Hotel Majapahit. Surabaya. Besar pengaruh tersebut signifikan sebab F hitungOO.833) > F tabel (2.5572), 2. Hi(X)tesis 2 (dua) terbukti kebenar8.1wya, karena variabel kompensasi mempunyai nilai koefisien parsial (~) paling tinggi dibandingkan dengan variabel lain yang diteliti yaitu 43,5%. Selain itu nilai t hitung > t tabel (1,6772) dan yang mempunyai pengaruh paling besar adalah variabel kompensasi (XD yaitu sebesar 3,238.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RIZQI ARYUNINGTYAS, 049811944 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWARSONO, Drs., ME.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2017 21:41
Last Modified: 12 Jul 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item