PENCABUTAN DISKUALIFIKASI DAN DUGAAN PEMBERIAN HAK EKSKLUSIF OLEH PT. PETROKIMIA GRESIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA

IHWANUN MUDHOFIR HARIRI, 031311133156 (2017) PENCABUTAN DISKUALIFIKASI DAN DUGAAN PEMBERIAN HAK EKSKLUSIF OLEH PT. PETROKIMIA GRESIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 58-17 Har p abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 58-17 Har p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya perekonomian ,dunia bisnis juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, berbagai macam model bisnis dan persaingan usaha menghiasi praktek-praktek usaha yang ada. Indonesia merupakan Development Country menurut data dari World Bank sehingga banyak sekali pembangunanpembangunan infrastuktur yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun pelaku usaha guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dibalik pembangunan-pembangunan tersebut tidaklah terlepas dari tender, di Indonesia tender dilakukan melalui penawaran terbuka atau bahkan tertutup, terkait tawar menawar tersebut mendapatkan perhatian dari hukum guna terciptanya iklim persaingan usaha yang sehat. Di Indonesia permasalahan persekongkolan tender masih mendominasi di meja KPPU dikarenakan Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi, pada kasus ini persekongkolan tender yang di duga adalah terkait pembangunan pabrik amonia II PT. Petrokimia Gresik dengan mekanisme tender Engineering Procurement and Construction yang mana ada hal menarik diantaranya pencabutan diskualifikasi konsorsium Wuhan-Adhi kemudian menjadikan konsorsium tersebut menjadi pemenang tender.Disini hasil dari pembahasan penulis ditarik sebuah kesimpulan bahwa pencabutan diskualifikasi tidak termasuk unsur persekongkolan tender selama hal tersebut tidak ada unsur lain yang menguatkan terjadinya suatu persekongkolan. Kata Kunci: persekongkolan, tender, persaingan usaha, diskualifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 58-17 Har p
Uncontrolled Keywords: persekongkolan, tender, persaingan usaha, diskualifikasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money > HG361-363 Legal tender
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
IHWANUN MUDHOFIR HARIRI, 031311133156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. Budi Kagramanto, Prof.Dr., S.H.,M.M.,M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jul 2017 21:50
Last Modified: 12 Jul 2017 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item