ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN REXONA FOR MEN DI TELEVISI BERDASARKAN CONSUMER RESPONSE INDEX DI SURABAYA

Yuni Ambarwati, 040237659 (2006) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN REXONA FOR MEN DI TELEVISI BERDASARKAN CONSUMER RESPONSE INDEX DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ambarwatiy-2872-kkbkk-2-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ambarwatiy-2872--a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Periklanan dipandang sebagai alat komunikasi yang paling lazim digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi yang persuasif kepada konsumen. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi perilaku perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen atas suatu produk yang akhirnya berakhir pada pembelian konsumen. PT. Unilever Tbk memandang media televisi berperan penting dalam menyampaikan program periklanannya kepada konsumen, termasuk salah satu produknya adalah Rexona For Men versi Cheerleader. Efektivitas iklan Rexona For Men diukur melalui CRI (Consumer Response Index) atau Indeks Tanggapan Konsumen. CRI menampilkan proses pembelian yang berawal dan tahap awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intentions (niat), dan pada akhirnya mampu mengarahkan konsumen pada aktivitas action (tindakan). Nilai CRI diperoleh melalui hasil perkalian dari awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intentions (niat), dan action (tindakan). Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah iklan Rexona For Men di televisi telah efektif berdasarkan Consumer Response Index yang terdiri atas awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intentions (niat), dan action (tindakan) di Surabaya?". Untuk menjawab permasalahan di atas dipergunakan CRI. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: 1. Bahwa responden yang sampai pada tahap action Rexona For Men sebesar 32,5%, artinya ada peluang sebesar 67,5% yang masih bisa diraih jika tetap menggunakan iklan Rexona For Men versi cheerleder. CRI sebesar 32,5% ini diperoleh melalui awareness (kesadaran) sebesar 93,5%, comprehend (pemahaman) sebesar 89,8%, interest (ketertarikan) sebesar 71,4%, intentions (niat) sebesar 75%, dan action (tindakan) sebesar 72,2%. Hasil ini menunjukkan persentase masing-masing tahap dalam menanggapi iklan Rexona For Men di televisi. 2. Efektivitas CRI masih rendah, hal ini disebabkan pemirsa yang unaware sebesar 6,5%, pemirsa yang tidak comprehend sebesar 10,2% menyebabkan suatu merek kehilangan respon konsumen sebesar 9,5%, pemirsa yang tidak interest sebesar 28,6% menyebabkan suatu merek kehilangan respon konsumen sebesar 24%, pemirsa yang tidak intentions sebesar 25% menyebabkan suatu merek kehilangan respon konsumen sebesar 15%, pemirsa yang tidak action sebesar 27,8% menyebabkan suatu merek kehilangan respon konsumen sebesar 12,5%. Efektivitas terendah ada pada tahap interest (ketertarikan) sebesar 71,4% dan efektivitas tertinggi ada pada tahap awareness (kesadaran) sebesar 93,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 152/06 Amb a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING � TELEVISION PROGRAMS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT231 Effect of city life
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Yuni Ambarwati, 040237659UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. DWI UTAMI S., Dra., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 16 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item