ANALISA TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI JASA KEPABEANAN DI BIDANG IMPOR TERHADAP PELAYANAN IMPOR DI KANTOR PELAYANAN BEA DAN CUKAI TlPE A TANJUNG PERAK SURA8AYA

BAMBANG DWI HARIJADI, 049520680 E (1999) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI JASA KEPABEANAN DI BIDANG IMPOR TERHADAP PELAYANAN IMPOR DI KANTOR PELAYANAN BEA DAN CUKAI TlPE A TANJUNG PERAK SURA8AYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 104.99 Har a.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang dapar memenuhi harapannya telah mendorong perusahaan-perusahaan untuk mena warkan berbagai fasilitas atau kemudahan dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Tuntutan untuk mendapat pelayanan yang memuaskan tersebut sebenamya tidak terbatas untuk sektorbisnis atau sektor-sektor yang berotientasi pada perolehan laba. Sektor pelayanan masayarakat seperti kepolisian, kejaksaaan dan sebagainya juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang memuaskan, dan disektor ini pula sebagian besar masyarakat berurusan setiap harinya dan tentunya membawa harapan untuk mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan harapannya walaupun sampai sekarang be]um mendapat banyak perhatian dari rakyat Indonesia pada umumnya .. Salah satu institusi pelayanan masyarakat yang sedang melakukan perubahan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat adalah Direktora Jenderal Bea dan Cukai melalui Kantor Pelayanan Bea dan Cukai -Kantor Pelayanan Bea dan Cukainya. Sebagai institusi yang terkait erat dengan roda perekonomian Kantor Pe1ayanan Bea dan Cukai harus dapat menghilangkan segal a hambatan baik tarif atau non taraif dan mendorong kelancaran dan kecepatan arus dokumen dan barang impor, jika kedua hal tersebut terpenuhi maka berarti Kantor Pelayanan Bea dan Cukai telah memberikan pelayanan yang mendekati harapan sebagian besar pengguna jasa kepabeanan di bidang impor. Dalam penelitian ini penulis akan membahas tentang evaluasi kepuasan pengguna jasa kepabeanan di bidang impor yang melakukan kegiatan di Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Perak . Atribut yang diteliti dikelompokkan berdasarkan 5 dimensi yaitu tangibles (atribut pelayanan yang berwujud), reliability (kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan), responseveness (kesediaan untuk selalu membantu konsumen ), assurance (jaminan pelayanan yang baik), dan empathy (kemampuan untuk memahami konsumen secara lebih mendalam). PengUkuran kepuasan dilakukan dengan membandingkan antara persepsi dan harapan konsumen terhadap atribut-atribut pelayanan kepabeanan di bidang impor di Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Perak. Skor persepsi dan harapan untuk atribut dibandingkan dengan menggunakan Tes Ranking Bertanda Wilcoxon untuk Data Berpasangan melalui program SPSS. Penyebaran kuesioner kepada responden dalam hal ini pengguna jasa kepabeanan di bidang impor dengan metode simple random sampling, Banyaknya responden yang diteliti adalah 87 orang. Dengan menggunkan data-data yang didapatkan selama penelitian akhimya dapat ditarik kesimpulan, bila dilihat hasil nilai total masing-masing dimensi, persepsi para pengguna jasa kepabeanan di bidang impor belum sesuai dengan harapannya. Dari 5 lima dimensi • hanya dimensi empathy sudah memenuhi harapan pengguna jasa kepabeanan di bidang impor .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAMBANG DWI HARIJADI, 049520680 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorZAINIMAR NARO, Dra.Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2017 23:31
Last Modified: 12 Jul 2017 23:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item