HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KEPUASAN PERKAWINAN PADA PASANGAN YANG MENIKAH SAAT USIA REMAJA DI PASURUAN

ADITYA RACHMAT TRI PAMUNGKAS, 111011115 (2017) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KEPUASAN PERKAWINAN PADA PASANGAN YANG MENIKAH SAAT USIA REMAJA DI PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
111011115_Aditya_Hubungan Religiusitas dengan kepuasan perkawinan pada pasangan yang menikah saat usia remaja di Pasuruan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara religiusitas dengan kepuasan perkawinan pada pasangan yang menikah saat usia remaja di Pasuruan. Definisi religiusitas adalah kualitas keadaan seseorang dalam meyakini adanya Tuhan, serta memahami dan melakukan ajaran agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari (Ancok & Suroso, 1994). Kepuasan perkawinan merupakan perasaan yang subjektif dan bersifat dinamis yang dirasakan oleh pasangan suami dan istri mengenai kehidupan perkawinan yang dijalani (Fowers & Olson, 1993). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan pada 62 subjek yang bertempat tinggal di Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah snowball. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner religiusitas yang telah disusun oleh peneliti berdasarkan teori Ancok dan Suroso (1994), sedangkan alat ukur kepuasan perkawinan dalam penelitian ini menggunakan ENRICH Marital Satisfaction Scale dari Fowers & Olson (1993). Reliabilitas skala religiusitas adalah 0,861 dan reliabilitas skala kepuasan perkawinan adalah 0,765. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji korelasi “pearson product moment” program SPSS versi 16.0 for windows didapatkan nilai korelasi (r) sebesar 0,507 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara religiusitas dengan kepuasan perkawinan pasangan yang menikah pada usia remaja diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.07/17 Pam h
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Perkawinan, Religiusitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA RACHMAT TRI PAMUNGKAS, 111011115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLISTYANTI SETYO PALUPI, S.Psi.,M.si.,PRACTUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2017 20:57
Last Modified: 13 Jul 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item