PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN: PARTICIPANT MODELING TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU DALAM STIMULASI MULTISENSORI PADA BAYI QUASI – EXPERIMENTAL STUDY

HIDAYAT ARIFIN, 131511123072 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN: PARTICIPANT MODELING TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU DALAM STIMULASI MULTISENSORI PADA BAYI QUASI – EXPERIMENTAL STUDY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 74-17 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan kesehatan: participant modeling dapat menjadi pendekatan yang optimal dalam pendidikan kesehatan dengan rasional, modeling, partisipasi terbimbing, dan penguatan. Stimulasi multisensori sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga pengetahuan dan keterampilan ibu sangat diperlukan untuk memaksimalkan pemberian stimulasi multisensori pada bayi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan: participant modeling terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam stimulasi multisensori pada bayi. Metode: Peneltian ini menggunakan quasi-experimental pretest-posttest with control group design dengan purposive sampling. Total populasi 140 ibu dan didapat sampel 64 ibu. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan dan variabel dependen adalah technical dan interpersonal skills. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok dan perlakuan (p=0,005) dan kontrol (p=0,039). Terdapat perbedaan technical skill kelompok kontrol (p=0,028), perlakuan (p=0,003), interpersonal skill kelompok perlakuan (p=0,002). Tidak terdapat perbedaan interpersonal skill kelompok kontrol (p=0,212). Terdapat perbedaan kelompok perlakuan dan kontrol: pengetahuan (p=0,019), technical skill (p=0,013), interpersonal skill (p=0,020). Diskusi: Pendidikan kesehatan: participant modeling yang terdiri dari rasional, modeling, partisipasi terbimbing, dan penguatan dapat efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam stimulasi multisensori pada bayi, sehingga perawat dapat mensosialisasikan dan memberikan pendidikan kesehatan: participant modeling kepada ibu-ibu tentang pentingnya stimulasi multisensori pada bayi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 74-17 Ari p
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Participant Modeling, Stimulasi Multisensori, Pengetahuan dan Keterampilan Ibu
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HIDAYAT ARIFIN, 131511123072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorIqlima Dwi Kurnia, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Jul 2017 21:01
Last Modified: 13 Jul 2017 21:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58818
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item