ESTIMASI USIA DENGAN METODE TOOTH CORONAL INDEX (TCI) PADA GIGI PREMOLAR PERTAMA RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MENGGUNAKAN RADIOGRAFI PERIAPIKAL

DANIYAL LAZUARDI RAMADHAN, 021311133129 (2016) ESTIMASI USIA DENGAN METODE TOOTH CORONAL INDEX (TCI) PADA GIGI PREMOLAR PERTAMA RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MENGGUNAKAN RADIOGRAFI PERIAPIKAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 36-17 Ram e abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 36-17 Ram e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: TCI adalah salah satu metode estimasi usia biologis menggunakan gigi geligi dengan membandingkan CPCH (Coronal Pulp Coronal Height) dan CH (Coronal Height). TCI dapat menjadi suatu acuan estimasi usia karena seiring berkembangnya usia deposisi dentin semakin meningkat dan mengakibatkan pemendekan saluran pulpa maka dari itu TCI dapat menjadi suatu acuan untuk menentukan usia biologis seseorang. Belum diketahui perbedaan estimasi usia pada setiap kelompok usia menggunakan metode TCI, maka pada penelitian ini akan dilakukan estimasi usia menggunakan TCI berdasarkan kelompok usia untuk mengetahui kelompok usia yang paling efektif untuk dilakukan estimasi usia dengan metode TCI Tujuan: Mengetahui perbedaan estimasi usia dengan metode Tooth Coronal Index (TCI) pada gigi premolar pertama rahang bawah berdasarkan kelompok usia menggunakan radiografi periapikal. Metode: Penelitian ini menggunakan 65 sampel yang dibagi atas 4 kelompok. Sampel dilakukan foto periapikal pada gigi premolar rahang bawah dan diukur tinggi CPCH dan CH untuk mengetahui indeks TCI dengan rumus: TCI = CPCH x 100/ CH. Sampel kemudian dilakukan perhitungan regresi linier pada hasil perhitungan TCI untuk mengtahui usia biologis setelah itu hasil usia biologis diselisihkan dengan usia kronologis dan diamati perbedaan selisih pada setiap kelompok usia. Hasil: Selisih usia biologis dan kronologis berbeda pada setiap kelompok diantaranya pada kelompok remaja sebesar ±1,64 tahun, dewasa ±0,33 tahun, tua ±3,85 tahun, dan manula ±5,23 tahun. Tidak ada perbedaan signifikan antar kelompok usia. Kesimpulan: Pada penelitian ini didapatkan selisih usia kronologis dan biologis terkecil adalah pada kelompok usia dewasa, yaitu ±0,33 tahun dan selisih usia kronologis dan biologis terbesar pada kelompok usia manula yaitu ±5,23 tahun. Kata kunci: Estimasi Usia, TCI, Gigi Premolar, Kelompok Usia, Selisih Usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 36-17 Ram e
Uncontrolled Keywords: Estimasi Usia, TCI, Gigi Premolar, Kelompok Usia, Selisih Usia.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DANIYAL LAZUARDI RAMADHAN, 021311133129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDeny Saputra, drg., M.Kes M.KesUNSPECIFIED
ContributorYunita Savitri, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Jul 2017 22:00
Last Modified: 13 Jul 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item