ANALISA PERENCANAAN TENAGA KERJA TERHADAP USAHA PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI YANG OPTIMAL PADA DIVISI PRODUKSI SCHAKELAR PT. TEKHNIKA KENCANA-SIDOARJO

YUSI MAYA SARI, 049520714 E. (1998) ANALISA PERENCANAAN TENAGA KERJA TERHADAP USAHA PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI YANG OPTIMAL PADA DIVISI PRODUKSI SCHAKELAR PT. TEKHNIKA KENCANA-SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 110.99 sar a.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini yang dibuat berdasarkan penelitian tentang perencanaan tenaga kerja pada divisi produksi bengkel I, II dan III yang memproduksi barang berupa schakelar listrik 600 ampere. Latar belakang dipilihnya topik .perencanaan tenaga kerja yaitu masalah penguranganlperampingan tenaga kerja akibat krisis moneter yang menyebabkan target produksi yang telah direncanakan tidak tercapai Upaya mengatasi masalah perencanaan tenaga kerja untuk tahun yang akan datang (1999) dilakukan dengan cara memikirkan atas dasar dimensi perencanaan dan persediaan tenaga kerja. Hasil penelitian yang dilakukan didapat bahwa jumlah tenaga kerja yang optimal pada bengkel I membutuhkan 28 orang, pada bengkel n membutuhkan 32 orang dan bengkel III membutuhkan 15 orang. Sedangkan persediaan tenaga kerja saat ini pada bengkel I berjumlah 26 orang, bengkel II berjumlah 36 orang dan bengkel III berjumlah 12 orang. Hasil perbandingan antara perencanaan perencanaan kebutuhan dan persediaan tenaga keIja yaitu pada bengkel I harus menambah 2 orang, bengkel II harus mengurangi 4 orang dan bengkel TIT harus menambah 3 orang. '. Cara yang dapat dilakukan untuk: mengatasi hal tesebut antara lain perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja pada bengkel yang kelebihan dan merekrut pegawai baru untuk: bengkel yang kekurangan atau memadukan kepentingan ketiga bengkel tersebut. Sebagai penyelesaian yang terbaik yaitu memadukan kepentingan ketiga bengkel tersebut cara memindahkan (transfer) 4 orang tenaga kerja dari bengkel II yang kelebihan ke bengkel I dan III yang kekurangan serta menambah seorang tenaga kerja lagi dengan cara merekrut bekas karyawan yang pernah di PHK. Dengan demikian perencanaan produksi dapat diharapkan tercapai target yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YUSI MAYA SARI, 049520714 E.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTIEN SOEMARTINI, Dra.Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Jul 2017 00:21
Last Modified: 14 Jul 2017 00:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item