HUBUNGAN SARAPAN DAN STATUS GIZI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH

LYDIA VERDIANA, 101411123039 (2017) HUBUNGAN SARAPAN DAN STATUS GIZI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 04-17 Ver h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era ini, banyak anak terutama anak usia sekolah mengalami kekurangan gizi sarapan. Padahal manfaat sarapan dapat menunjang konsentrasi belajar anak untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa di SDN Sukoharjo I Kota Malang. Jenis penelitian ini merupakan observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada 43 siswa kelas V. Subjek diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Alat bantu kuesioner recall 2x24 jam digunakan untuk memperoleh kebiasaan sarapan. Tingkat konsentrasi didapatkan dengan menggunakan alat ukur Clerical Speed And Accuracy Test. Analisis hubungan antar variabel menggunakan uji Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa responden (10,3%) memiliki status gizi normal dengan tingkat konsentrasi kurang. Status gizi dengan konsentrasi belajar menunjukkan p>0,05 (p=0,174), dengan demikian tidak terdapat hubungan meski beberapa siswa ada yang berstatus gizi kurus dan sangat kurus. Sebagian besar responden terbiasa melakukan sekedar sarapan (37,2%). Tingkat kecukupan energi, karbohidrat, protein dan lemak yang terkategori inadekuat. Sebagian besar siswa mempunyai tingkat konsentrasi belajar baik (23,3%) dan baik sekali (46,5%), meskipun demikian terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat konsentrasi belajar masih kurang sekali. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan dengan tingkat konsentrasi belajar (p value=0,001). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kebiasaan sarapan yang sehat menyumbang tingkat konsentrasi belajar yang baik sekali dibandingkan dengan yang sekedar sarapan dan tidak sarapan. Kesadaran siswa terhadap pentingnya sarapan perlu digalakkan melalui mata pelajaran pendidikan jasmani oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 04-17 Ver h
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, sarapan, tingkat konsentrasi
Subjects: L Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LYDIA VERDIANA, 101411123039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLailatul Muniroh, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 16:37
Last Modified: 16 Jul 2017 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58873
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item