PENGGUNAAN SERVICE QUALITY UNTUK MENILAI SISTEM PELAYANAN PENERBITAN SIUP PADA BIDANG PERDAGANGAN (Studi di Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Penanaman Modal Kota Surabaya)

Nuni Utami, 040013186 E (2006) PENGGUNAAN SERVICE QUALITY UNTUK MENILAI SISTEM PELAYANAN PENERBITAN SIUP PADA BIDANG PERDAGANGAN (Studi di Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Penanaman Modal Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-utaminuni-2984-kkbkk-2-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-utaminuni-2984-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Penanaman Modal Kota Surabaya merupakan Dinas Perijinan dimana semua perijinan usaha diurus disana, khususnya dibagian yang memberikan pelayanan terhadap perijinan SIUP tersebut yaitu di Bidang Perdagangan. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya calo & pungutan liar yang harus ditanggung pengusaha serta lamanya pengurusan perijinan. Hal ini menyebabkan pengusaha menjadi berprasangka buruk terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bidang Perdangangan. Untuk menepis prasangka tersebut maka Bidang Perdagangan melakukan perbaikan-perbaikan di dalam sistem dan prosedur penerbitan SIUP. Penggunaan Service Quality untuk menilai sistem pelayanan penerbitan SIUP di Bidang Perdangangan Dalam Negeri adalah deskriptif kualitatif, dimana manusia sebagai instrumen mempunyai peranan penting dan berusaha tidak melakukan intervensi pada Sub Dinas Perdagangan Dalam Negeri. Berdasarkan hasil penyebaran angket yang dilakukan oleh Bidang Perdagangan berkaitan dengan kualitas pelayanan penerbitan SIUP menunjukkan bahwa mayoritas responden berada dalam kategori puas, tetapi setelah dilakukan pengkajian pada penerapan sistem pelayanan penerbitan SIUP maka ditemukan beberapa kekurangan yang langsung berkaitan dengan penerapan sistem dan prosedur pelayanan penerbitan SIUP. Beberapa kekurangan tersebut antara lain adalah: 1. Hasil audit standar mutu manual ISO 9001:2000 bahwa penggunaan perangkat komputer dalam Sub Dinas Perdagangan Dalam Negeri belum dapat digunakan dalam sistem jaringan. Sehingga masih menggunakan sistem manual. Padahal, dengan menggunakan sistem jaringan maka akan lebih dapat menghasilkan data dan informasi yang lebih akurat. Selain itu, dengan menggunakan jaringan, maka akan penerapan sistem dan prosedur akan lebih efektif dan efisien. 2. Hasil audit penerapan standar mutu manual ISO 9001:2000 menunjukkan bahwa penataan arsip tidak tertata dengan baik 3. Hasil audit penerapan standar mutu manual ISO 9001:2000 menunjukkan bahwa maka beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sistem pendukung. Beberapa saran yang dapat diberikan dengan adanya kekurangan sistem penerbitan SIUP sebaiknya pihak manajemen selalu melakukan evaluasi dan sosialisasi terhadap prosedur yang ditetapkan. Dengan demikian akan dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang ada pada prosedur yang diterapkan, terutama yang berkaitan dengan pembenahan dokumen, penyusunan arsip, pembenahan softwarenya, perlengkapan infrastrukturnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 240/06 Uta p
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Nuni Utami, 040013186 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYUSTRIDA BERNAWATI, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 23 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 21:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item