HUBUNGAN KEBIJAKAN K3 DAN PENGAWASAN K3 DENGAN UNSAFE ACTION TKBM

DATUH INAYAH DIBYAGUNA SURYANTO, 101411123121 (2017) HUBUNGAN KEBIJAKAN K3 DAN PENGAWASAN K3 DENGAN UNSAFE ACTION TKBM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 12-17 Sur h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unsafe Action merupakan perilaku pekerja yang menyimpang dari prinsip keselamatan atau tidak sesuai dengan prosedur kerja yang berisiko untuk timbulnya masalah. Sebesar 80-85% kecelakaan kerja disebabkan oleh kelalaian tenaga kerja yang secara tidak langsung merupakan dampak dari tenaga kerja yang memiliki tingkat kepatuhan rendah dalam penerapan kebijakan K3 di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kebijakan K3 dan pengawasan K3 dengan unsafe action tenaga kerja bongkar muat di PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner, dan observasi di lapangan. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang tersedia di PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Responden penelitian merupakan tenaga kerja bongkar muat. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan responden sebanyak 59 responden. Variabel yang diteliti meliputi karakteristik individu, kebijakan K3, pengawasan K3 dan unsafe action. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi linear pearson dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsafe action yang dilakukan tenaga kerja tergolong unsafe action kategori sedang dan berat. Uji statistik korelasi linear pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara unsafe action dengan usia, kebijakan K3 dan pengawasan K3, sedangkan variabel yang tidak signifikan dengan unsafe action adalah masa kerja, tingkat pendidikan. Pelatihan terkait K3 juga diperlukan guna meningkatkan pengetahuan tenaga kerja mengenai bahaya dan unsafe action di tempat kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 12-17 Sur h
Uncontrolled Keywords: unsafe action, kebijakan K3, pengawasan K3
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DATUH INAYAH DIBYAGUNA SURYANTO, 101411123121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati, Dr. , S.KM., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 19:03
Last Modified: 16 Jul 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item