PERILAKU PENCEGAHAN SEKS PRANIKAH PADA REMAJA SMA

CHITRA DIANA RAHMAWATI, 101411123077 (2017) PERILAKU PENCEGAHAN SEKS PRANIKAH PADA REMAJA SMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 15-17 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah remaja yang melakukan hubungan seks di luar nikah mengalami trend peningkatan. Berdasarkan catatan lembaga, 46 % remaja berusia 15-19 tahun sudah berhubungan seksual. Diperlukan suatu upaya perilaku pencegahan dalam mengatasi permasalahan meningkatnya seks pranikah di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pencegahan seks pranikah pada remaja SMA X di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Wawancara mendalam dilakukan kepada 10 informan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Variabel yang diteliti adalah karakteristik informan, behavior intention, social support, accessibility of information, personal autonomy, and action situation informan dalam perilaku pencegahan seks pranikah Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah ada niat informan dalam perilaku pencegahan seks pranikah. Dukungan sosial dari keluarga yang paling utama dalam memberikan pendidikan agama karena berkontribusi untuk membentuk karakter remaja itu sendiri dibandingkan dukungan dari teman dan sekolah. Akses informasi yang dimiliki informan sudah ada, dengan adanya sumber informasi lain dari orang tua, teman maupun sekolah. Otonomi pribadi dalam hal pengambilan keputusan dalam perilaku pencegahan seks pranikah mayoritas melalui diri sendiri. Setiap informan mempunyai kendala dalam setiap situasi yang dihadapi di lingkungan pertemanan, keluarga dan sekolah, namun informan dapat mengatasi kendala tersebut sehingga tetap melakukan perilaku pencegahan seks pranikah. Upaya perilaku pencegahan seks pranikah yaitu tidak pacaran, harus pintar memilih pergaulan yang baik, lebih memperkuat iman dan memperbanyak ibadah, membatasi pertemanan, jika mempunyai pacar hanya untuk penyemangat belajar, tidak melihat film porno, jangan mencari teman laki-laki yang mempunyai perilaku buruk, tidak pulang larut malam, lebih konsisten dengan prinsip pada diri sendiri, menambah pengetahuan tentang bahaya perilaku seks pranikah, memperluas pergaulan, dan aktif dalam melakukan kegiatan sosial/hobi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 15-17 Rah p
Uncontrolled Keywords: perilaku pencegahan, seks pranikah, remaja
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
CHITRA DIANA RAHMAWATI, 101411123077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorShrimarti Rukmini Devy, Dr. Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 20:19
Last Modified: 16 Jul 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item