ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM PADA PASANGAN USIA SUBUR BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kedurus Kota Surabaya)

LAILY MITHA ANGGRIANI, 101411123082 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM PADA PASANGAN USIA SUBUR BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kedurus Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 17-17 Ang a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia menduduki peringkat keempat dalam penggunaan kontrasepsi dibandingkan dengan Negara ASEAN. Kontrasepsi merupakan suatu metode yang bertujuan untuk mencegah terbuahinya sel telur oleh sel sperma (konsepsi atau kehamilan) atau mencegah terjadi penempelan sel telur yang dibuahi oleh sel sperma ke dinding rahim. Jumlah akseptor AKDR di Jawa Timur pada tahun 2015 sebesar 27.587 akseptor. Jumlah akseptor di Puskesmas Kedurus Kota Surabaya sebesar 212 akseptor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim pada pasangan usia subur berdasarkan Theory Of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian yang dilakukan menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 68 akseptor yang terdiri dari 34 akseptor AKDR dan 34 akseptor non AKDR. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan Januari 2017. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara Perceived Behavior Control terhadap Intensi penggunaan AKDR, sedangkan tidak terdapat pengaruh antara Background Factor (usia, pendidikan terakhir, jumlah anak, pengetahuan), Attitude toward the Behavior dan Subjective Norm terhadap Intensi penggunaan AKDR. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor yang mempengaruhi penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim pada pasangan usia subur berdasarkan Theory Of Planned Behavior adalah Intensi. Intensi tersebut dipengaruhi oleh Perceived Behavior Control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 17-17 Ang a
Uncontrolled Keywords: AKDR, Akseptor, Kontrasepsi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LAILY MITHA ANGGRIANI, 101411123082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr. , Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 21:40
Last Modified: 16 Jul 2017 21:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item