ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN SABUN LUX UNGU DI TELEVISI PADA MINAT PEMBELIAN KONSUMEN DI SURABAYA

SERLI WIJAYA, 049535092 (1998) ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN SABUN LUX UNGU DI TELEVISI PADA MINAT PEMBELIAN KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 1134.98 Wij a.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebuah produk harus dikomunikasikan kepada konsumen. Salah satu sarana komunikasi pemasaran adalah melalui iklan. Penampilan iklan di media tertentu ini diharapkan dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen. PT Unilever perlu mengetahui bagaimana tanggapan konsumen dan seberapa besar minat beli konsumen terhadap sabun Lux ungu yang baru diluncurkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis mengenai tanggapan konsumen terhadap sabun Lux ungu dan minat beli konsumen. Penelitian ini mengambil dari sisi tanggapan konsumen terhadap iklan sabun Lux ungu di televisi dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Tanggapan konsumen dalam penelitian ini diartikan sebagai penilaian konsumen terhadap bintang iklan, pesan iklan, gambar iklan, dan lagu!musik yang mengiringi iklan. Untuk keperluan ini, kepada 100 orang responden yang pernah melihat tayangan iklan sabun Lux ungu di televisi, ditanyakan tanggapannya terhadap iklan tersebut dan seberapa besar minat pembelian mereka. Minat pembelian ini diukur dari seberapa besar kemungkinan responden untuk membeli Lux ungu. Pengukuran variabel penelitian menggunakan skala ordinal 1-5 yang telah dikuantifikasikan untuk kepentingan perhitungan dengan teknik regresi. Makin tinggi skor jawaban yang diberikan berarti semakin baik tanggapan konsumen dan semakin besar minat beli konsumen. Jawaban responden dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Dengan teknik lnl dapat diketahui kekuatan dan arah hubungan dari variabel tergantung dan variabel bebasnya serta besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara tanggapan konsumen terhadap iklan Lux ungu dengan minat pembelian konsumen akan sabun Lux ungu. Hubungan ini bernilai positif artinya semakin baik tanggapan konsumen terhadap iklan sabun Lux ungu maka semakin besar pula minat pembelian konsumen akan sabun Lux ungu. Kekuatan hubungan ini ditunj ukkan dalam angka koefisien korelasi berganda sebesar 0,76823. Sedangkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa sebesar 59,018% variasi minat pembelian konsumen terhadap sabun Lux ungu dapat dijelaskan oleh tanggapan konsumen terhadap iklan sabun Lux ungu melalui persamaan regresi : Y = 0,4153 + O,4864xl + 0,2760xz + 0,3736x3 + 0,1531x4 Atau dengan kata lain variasi minat pembelian konsumen terhadap sabun Lux ungu sebanyak 59,018% dipengaruhi oleh tanggapan konsumen terhadap bintang iklan, pesan iklan, gambar iklan dan lagu/musik yang mengiringi iklan sabun Lux ungu. Sedangkan 40,982% karena pengaruh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SERLI WIJAYA, 049535092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI UTAMI S., Dra.Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Jul 2017 23:43
Last Modified: 16 Jul 2017 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58938
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item