ANALISIS PERANAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP IMPLEMENTASI OTONOMI DAERAH (Kajian di Daerah Kabupaten Jember)

TABRONI, 049414726 (2001) ANALISIS PERANAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP IMPLEMENTASI OTONOMI DAERAH (Kajian di Daerah Kabupaten Jember). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk C 12.04 tab a.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keuangan daerah dan mengidentifikasi potensi-potensi yang ada di daerab Kabupaten Jember yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Variabel-variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalab: Tingkat Pendapatan AsH Daerah (PAD), Peraturan Perundang-undangan yang menyangkut pendapatan daerah, kondisi geografi dan demografi, dan kondisi sosial ekonomi. Data yang diperoleh berasal dari data primer berupa basil dialog terbatas dengan pihak terkait dan data sekunder yang berupa risalah-risalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Kabupaten Jember dalam tahun anggaran 1990/1991 sampai dengan 199912000, catatan-catatan di lapangan dan bacaanbacaan di surat kabar lokai. Hasil penelitian ini merupakan hasil analisis data secara deskriptif dengan menggambarkan data yang diperoleh apa adanya, mensistematisasikan, menginterpretasikan dan menyimpulkannya secara kualitatif dalam uraian dan tabel. Hasil analisis menunjukkan babwa kemampuan keuangan daerah Kabupaten Jember masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan ketidakmampuan Pendapatan Ash Daerah (PAD) Kabupaten Jember membiayai seluruh pengeluaran rutinnya. Namun apabila dilihat dari pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tiap tahun, maka selalu terdapat peningkatan nilainya secara absolut dan dari hasil analisa perkembangannya di masa depan dapat menunjukkan trend yang positif Dalam struktur pendapatan, Pendapatan AsH Daerah (PAD) Kabupaten Jember sangat rendah dibandingkan dengan pendapatan-pendapatan lainnya. Jumlah terbesar berasal dari Sumbangan daan Bantuan dari Pemerintah Pusat. Pada tahun anggaran berjalan (2001), Sumbangan dan Bantuan tersebut diganti menjadi Dana Alokasi Umum (DAU) yang persentasenya terbadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semakin besar. Potensi sumber-sumber Pendapatan Ash Daerah (PAD) Kabupaten Jember lebih banyak yang belum digali dan dikembangkan daripada dengan yang sudah digali. SedangkaD. upaya untuk meningkatkan Pendapatan AsH Daerah (PAD) dapat dilakukan antara lain dengan mengembangkan lembaga (Pemerintah Daerah) secara intern ke arab yang lebih baik pada segala perangkat yang dimiliki dalam lembaga itu sendiri, pengelolaan Perusahaan Daerah dengan lebih baik dan lebih efisien serta adanya kesungguhan untuk mencari dan mendapatkan peluang-peluang pemasukan yang memungkinkan sebagai pendapatan daerah dari Pemerintah Kabupaten Jember khususnya aparat Dinas Pendapatan Daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2351.4 Tax revenue estimating
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TABRONI, 049414726UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAMBANG SOENARNO, Drs.Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 Jul 2017 18:13
Last Modified: 17 Jul 2017 18:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item