PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR

NURA IFA ARIFATUL HUSNA, 041411323098 (2016) PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 52-17 Hus p abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 52-17 Hus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku birokrasi dalam pengelolaan keuangan desa berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer melalui wawancara dan observasi langsung sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berasal dari lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa di Kecamatan Ponggok yang direpresentasikan oleh lima Desa yang menjadi objek kajian penelitian ini telah melaksanakan pengelolaan keuangan desa. Perilaku yang muncul adalah ketergantungan pengelola keuangan pada salah satu fungsi utamanya pada Bendahara Desa, arah kebijakan penggunaan keuangan desa masih dominan untuk pembangunan fisik, kualitas pelaporan masih rendah, masih lemahnya koordinasi dan komunikasi antar aparatur desa, dan adanya pengharapan sekertaris desa melalui penyetaraan golongan. Namun, dalam pelaksanaannya pengelolaan masih menemui sejumlah permasalahan, antara lain keterlambatan penerbitan regulasi dan seringnya perubahan peraturan, dan kurang efektifnya peran pendamping desa, Kata Kunci : Perilaku Birokrasi, Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasi, Pemerintah Desa, Pengelolaan Keuangan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK- 2 A. 52-17 Hus p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Birokrasi, Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasi, Pemerintah Desa, Pengelolaan Keuangan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NURA IFA ARIFATUL HUSNA, 041411323098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAde Palupi, SE., MPPM., Ph.D., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Jul 2017 18:01
Last Modified: 17 Jul 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item