PENGARUH INOVASI PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

YUNITA ALDORA, 041311333161 (2017) PENGARUH INOVASI PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 53-17 Ald p abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 53-17 Ald p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat MEA, persaingan yang terjadi antar perusahaan sangat ketat dan kompetitif sehingga terjadi perlombaan antar perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mempertahankan kelangsungan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan inovasi perusahaan, karena dengan menciptakan inovasi perusahaan maka dapat meningkatkan kemampuan manajerial sehingga dapat meningkatkan keefisienan dalam penggunaan sumber daya, meningkatkan keuntungan, dan menyebabkan meningkatnya kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh dari inovasi perusahaan terhadap kemampuan manajerial dan adanya pengaruh dari kemampuan manajerial terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanasi. Terdapat 3 jenis variabel penelitian, yaitu inovasi perusahaan yang diukur menggunakan rasio penelitian dan pengembangan dibagi total aset sebagai variabel independen, kinerja perusahaan yang diukur menggunakan ROA sebagai variabel dependen, dan kemampuan manajerial yang diukur menggunakan teknik DEA sebagai variabel mediasi. Total sampel sama dengan total populasi penelitian dikarenakan menggunakan metode sampel jenuh, yaitu sebanyak 69 perusahaan manufaktur untuk tahun 2013-2015. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber datanya berasal dari laporan keuangan tahunan auditan dan dari laporan tahunan perusahaan yang didapat dari web BEI, serta prosedur pengumpulan data menggunakan prosedur studi dokumentasi. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana yang diolah menggunakan software SPSS for Windows release 20.0. Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah yang pertama inovasi perusahaan berpengaruh positif terhadap kemampuan manajerial. Kedua, kemampuan manajerial berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Ketiga, kemampuan manajerial dapat menjadi variabel mediasi atau perantara yang menghubungkan inovasi perusahaan dengan kinerja perusahaan. Kata kunci: Inovasi Perusahaan, Kemampuan Manajerial, Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 53-17 Ald p
Uncontrolled Keywords: Inovasi Perusahaan, Kemampuan Manajerial, Kinerja Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
YUNITA ALDORA, 041311333161UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuslich Anshori, Prof. Dr. H., SE., M.Sc., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Jul 2017 18:08
Last Modified: 17 Jul 2017 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58981
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item