DISONANSI KOGNITIF PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

CAROLINE PRISILIA SOUISA, 101411123041 (2017) DISONANSI KOGNITIF PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM 29-17 Dis d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan. Namun masih banyak ditemukan perilaku merokok di kalangan mahasiswa. Bahkan mahasiswa Fakultas Kedokteran pun masih ditemukan merokok, sekalipun mereka telah mempelajari dampak merokok bagi kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis disonansi kognitif perilaku merokok pada mahasiswa kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif. Pengumpulan data penelitian menggunakan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Responden penelitian adalah mahasiswa kedokteran yang aktif di Universitas Airlangga, baik yang merokok maupun yang tidak merokok. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi variabel yang diteliti yaitu pengetahuan, sikap, pengaruh keluarga dan teman, uang saku, disonansi kognitif, dan sumber disonansi (nilai yang dianut dan pengalaman masa lalu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berada pada usia 19-22 tahun, sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki, dan sebagian besar responden merokok. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup tinggi dan sikap cukup baik mengenai rokok dan perilaku merokok. Sebagian besar keluarga memberikan pengaruh yang baik, sedangkan teman memberikan pengaruh buruk terhadap responden. Uang saku yang didapatkan responden selama sebulan termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Responden memiliki hasil yang sama terkait terjadi atau tidak terjadinya disonansi kognitif perilaku merokok. Sebagian besar responden memiliki nilai yang dianut baik dan pengalaman masa lalu yang sedikit terhadap rokok. Hasil analisis isi data menunjukkan bahwa sebagian besar responden dengan pengetahuan tinggi, sikap yang cukup baik, pengaruh keluarga dan teman yang buruk, nilai yang dianut buruk serta pengalaman masa lalu yang sedikit terkait rokok dapat mengakibatkan terjadinya disonansi kognitif perilaku merokok. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh dari variabel yang diteliti terhadap terjadinya disonansi kognitif perilaku merokok pada responden kecuali pada uang saku. Pentingnya pengawasan serta seleksi awal yang lebih ketat terhadap calon mahasiswa baru kedokteran dapat membentuk pribadi dan perilaku calon dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 29-17 Dis d
Uncontrolled Keywords: perilaku merokok, mahasiswa kedokteran, disonansi kognitif
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5725-5770 Tobacco habit
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
CAROLINE PRISILIA SOUISA, 101411123041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Widati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Jul 2017 19:54
Last Modified: 17 Jul 2017 19:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59007
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item