PROSES PEMBENTUKAN DAN DAMPAK MANFAAT EMOSIONAL DALAM KOMUNITAS MEREK BAGI ANGGOTA TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) DI SURABAYA

R. M. Yusuf Indrawan, 040117058 (2006) PROSES PEMBENTUKAN DAN DAMPAK MANFAAT EMOSIONAL DALAM KOMUNITAS MEREK BAGI ANGGOTA TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-indrawanrm-4295-kkbkk-2-k.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-indrawanrm-4295-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terbentuknya suatu komunitas merek dapat juga hanya melalui suatu perasaan yang kuat dari para pelanggan. Perasaan ini kemudian dapat memberikan motivasi kepada pelanggan untuk berpartisipasi dalam suatu komunitas merek untuk memperoleh manfaat yang beragam. Manfaat itu sendiri dapat tercipta melalui berbagai macam kegiatan komunitas yang dilakukan untuk menjaga eksistensi komunitas, dan bentuk loyalitas pelanggan terhadap komunitas dan merek tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan proses pembentukan komunitas merek, motivasi keikutsertaan pelanggan dalam komunitas, kegiatan yang dilakukan dalam komunitas untuk memperoleh manfaat, manfaat keseluruhan yang dicapai, serta peran pemilik merek dalam menjaga eksistensi komunitas dan bukti loyalitas mereka terhadap komunitas dan Kijang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif interpretif, yaitu suatu metode untuk memahami suatu fenomena pemasaran secara mendalam. Sifat penelitian ini sendiri berupa studi eksplanatori, yang menjelaskan mengenai proses pembentukan dan dampak manfaat emosional dalam suatu komunitas merek di kota Surabaya. Prosedur pengumpulan data melalui metode ethnographic in-depth interview bertipe semi-structured interview. Analisis data yang dilakukan berupa domain analysis. Beberapa hasil analisis dari temuan di lapangan ialah, pertama, para informan mengemukakan proses terbentuknya komunitas merek, yang meliputi proses pembentukan komunitas itu sendiri, hingga dukungan pihak luar. Kedua, alasan seorang pelanggan untuk mengikuti suatu komunitas merek disebabkan oleh manfaat fungsional ataupun emosional yang telah dan akan mereka terima melalui suatu merek dan komunitas. Ketiga, kegiatan dalam suatu komunitas merek dapat dibedakan menjadi kegiatan yang berhubungan dengan otomotif, dan kegiatan yang tidak berhubungan dengan otomotif. Keempat, manfaat yang diperoleh dalam komunitas merek sangat beragam, mulai dari manfaat fungsional maupun manfaat emosional. Kelima, pelanggan terbukti memiliki loyalitas yang lebih tinggi terhadap komunitas dan merek itu sendiri setelah mengikuti komunitas merek, yang kemudian juga dibuktikan melalui peran serta pelanggan dalam menjaga eksistensi komunitas dan merek yang mereka perjuangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 04/07 Ind p
Uncontrolled Keywords: ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
R. M. Yusuf Indrawan, 040117058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 13 Apr 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item