HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU SERTA AKSES DAN KETERPAPARAN INFORMASIKESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEJADIAN KARIES GIGI (Studi Pada Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Putra Sentosa Wilayah Kerja Puskesmas Kedurus)

AJENG NINDYA CAHYANINGRUM, 101111186 (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU SERTA AKSES DAN KETERPAPARAN INFORMASIKESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEJADIAN KARIES GIGI (Studi Pada Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Putra Sentosa Wilayah Kerja Puskesmas Kedurus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 41-17 Cah h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit karies gigi paling sering dijumpai pada anak balita usia 3-5 tahun. Sehingga diharapkan orang tua khususnya para ibu dapat melakukan tindakan yang bersifat preventif yaitu pemeliharan kesehatan gigi dan mulut anak balita dengan baik dan benar. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Ibu Serta Akses dan Keterpaparan Informasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Kejadian Karies Gigi (Studi Pada Anak Usia 3- 5 Tahun Di PAUD Putra Sentosa Wilayah Kerja Puskesmas Kedurus). Penelitian dilakukan dengan rancangan case control. Subyek penelitian diambil dari populasi dengan dengan cara simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahun, sikap dan tindakan ibu serta akses dan keterpaparan informasi, sedangkan variable terkaita dalah status kesehatan gigi anakbalitausia 3-5 tahun khususnya terhadap kejadian karies. Penelitian ini diambil dengan cara memberikan kuesioner dan ditabulasi silang kemudian dimasukkan dalam table distribusi frekuensi. Analisa hasil penelitian menggunakan Uji Non Parametrik yaitu Chi- Square Test, Hasil penelitian didapatkan pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies pada anak balita masuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 57,4%. 62,5% responden mempunyai sikap dengan kategori rendah tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies pada anak balitanya, sedangkan sebagian besar tindakan ibu tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies pada anak balita masuk dalam kategori kurang baik yaitu sebesar 58,8%.Dan 64,7% ibu mempunyai akses dan keterpaparan informasi. Dari hasil pengumpulan data maka didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan, sikap, tindakan ibu dan akses dan keterpapparan informasi kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi anak usia 3-5 tahun. Diharapkan setiap orang tua khususnya para ibu sebagai “key person” hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut sehingga dapat diterapkan bagi anak balitanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 41-17 Cah h
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, tindakan, akses, keterpaparan informasi, karies gigi, ibu, balita 3-5 tahun
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AJENG NINDYA CAHYANINGRUM, 101111186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArief Hargono, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 00:14
Last Modified: 18 Jul 2017 00:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item