UJI AKTIVITAS ANTIRADIKAL BEBAS DIPHENIL PIKRIL HIDRAZIL (DPPH) FRAKSI METANOL FRAKSI DIKLOROMETANA BATANG DAN AKAR Fagraen blumei G. Don SECARA SPEKTROFOTOMETRI

DESAK GDE DIAH DHARMA SANTHI, 059811993 (2002) UJI AKTIVITAS ANTIRADIKAL BEBAS DIPHENIL PIKRIL HIDRAZIL (DPPH) FRAKSI METANOL FRAKSI DIKLOROMETANA BATANG DAN AKAR Fagraen blumei G. Don SECARA SPEKTROFOTOMETRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 54.02 san u.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tan8man Fagraea blumei G. Don merupakall tumbuhan hlllan yang banyak ditemukan di hutan-hutan dan ditepi-tepi sungai di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Malay Peninsuia,Secara tradislonal daunuya dimanfaatkan untuk pcnurun panas sena untuk obat sakit kepala. Dar! penelltian sebeJumnya terhadap isolat ekstrak metanoj batang dan kulit batang Fagraea bfl.mej G, Don diketahul terkandung empat buah senyawa iridoid glikosida bam yang disebut sebagai Blumeosides serta selia flavonoid C~glikosida. Efek 8ntiradikal bebas dari Blumeo.!.ides terhadap DPPH dan kemampuamlya untuk menghambat pemucatan Crocin yang disebabkan oleh radikal alkoksil telah dibuktikan oleh Muriel eueudet pada tahun 1997. Selain itu senyawa flavonoid juga diketahui memiHki aktivitas antiradikal bebas rnela1ui kemampuannya mereduksi atau merubah r8dikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang keberadaannya independent dan mempun:yai satu atau lebih elektron yang tidak bcrpasangan, dimana c1ektron yang tidak berpasangan iui sangat tidak stabil dan sangat reaktif dan dapat bertumbukan dengan molekul lain, sehingga dapat mengambif eJektron dari molekuI tersebm, dimana molekul tcrsebut menjadi berubah struktumya dan menjadi radikal bebas. Karena kereaktifatmya, radikal hebas mampu merusak sel dan jaringan. Radikal bebas ini dalam terbentuk dalam tubuh melalui proses biologis yang !lonnal sepcrti I11etabolisme~ proses detoksifikasi) dan pedawamm terhadap imunitas. Walaupun dalam tubuh terdapat sistem pertahanan terhadap radikal bebas, tapi jumlalmya tidak memadai terutama bila slstem keseimbangan tubuh tergangguj sehingga untuk mengatasinya diperlukan antlradikal bebas dan 1uM. Oleh karenanya dikembangkau suatu antiradikaJ bebas al3mi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang dinilai relatif lebih aman penggunaanya dan efektifsebagai antiradikal beba5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
DESAK GDE DIAH DHARMA SANTHI, 059811993UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Fuad Hafid, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jul 2017 21:04
Last Modified: 18 Jul 2017 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item