PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP UPAYA PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK MELALUI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR DALAM KONTEKS HEALTHY PUBLIC POLICY (Studi di Supermarket dan Minimarket Mulyosari Kota Surabaya)

YAYUK YULIYAWATI, 101411123071 (2017) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP UPAYA PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK MELALUI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR DALAM KONTEKS HEALTHY PUBLIC POLICY (Studi di Supermarket dan Minimarket Mulyosari Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 65-17 Yul p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produksi sampah plastik di Indonesia mencapai 5,4 juta ton per tahun. Kota Surabaya menyumbang pembuangan sampah plastik sekitar 400 ton setiap harinya. Kantong plastik merupakan penyumbang sampah plastik terbesar, diperkirakan lebih dari 100 miliar kantong plastik digunakan oleh masyarakat tiap tahunnya. Berbagai pendekatan dilakukan pemerintah untuk mengurangi volume sampah plastik, salah satunya adalah bank sampah. Kebijakan yang paling baru dalam menangani sampah plastik adalah kantong plastik berbayar. Diharapkan dengan diketahuinya Persepsi konsumen terhadap upaya pengendalian sampah plastik melalui kebijakan kantong plastik berbayar dalam konteks healthy public policy, dapat dilakukan evaluasi terhadap kebijakan tersebut agar kebijakan tersebut dapat lebih efektif untuk mengurangi volume sampah plastik. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Supermarket (Superindo, Giant Ekspres) dan Minimarket (Cirkle K, Indomaret, Alfamart) Mulyosari Kota Surabaya pada bulan September 2016 sebanyak 25 informan. Cara pengambilan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode accidental. Hasil dari penelitian ini adalah semua informan mengatakan bahwa penggunaan kantong plastik saat berbelanja sangat praktis tetapi sampah kantong plastik dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan, sedangkan 15 informan mengatakan tidak setuju dengan kebijakan kantong plastik berbayar dan 20 informan mengatakan kebijakan kantong plastik berbayar belum mampu mengurangi volume sampah plastik. Disamping itu,17 informan mengatakan upaya perbaikan yang harus dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan semua informan menginginkan pemerintah mengganti kantong plastik dengan bahan yang ramah lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas konsumen menganggap kebijakan kantong plastik berbayar belum berdampak besar untuk mengurangi sampah plastik dan konsumen menginginkan adanya kebijakan pemerintah untuk mengganti kantong plastik dengan bahan ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 65-17 Yul p
Uncontrolled Keywords: sampah plastik, kantong plastik, kebijakan kantong plastik berbayar
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD511-780 Sewage collection and disposal systems. Sewerage
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
YAYUK YULIYAWATI, 101411123071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 21:08
Last Modified: 18 Jul 2017 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59095
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item