PERBANDINGAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT DAN BROWN (Peramalan Jumlah Penderita Diabetes Mellitus Di Kota Surabaya)

SUMIASIH, 101411123064 (2017) PERBANDINGAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT DAN BROWN (Peramalan Jumlah Penderita Diabetes Mellitus Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 63-17 Sum p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Metode yang sesuai untuk deret waktu yang mempunyai plot data non stasioner atau trend adalah double exponential smoothing. Terdapat dua metode pada double exponential smoothing, yaitu metode double exponential smoothing Holt dan metode double exponential smoothing Brown. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan ketepatan dari metode double exponential smoothing Holt dan metode double exponential smoothing Brown yang diaplikasikan untuk meramalkan jumlah penderita diabetes mellitus di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian yaitu non reaktif unobtrutif, jika dilihat dari tujuannya merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah semua penderita diabetes mellitus yang tercatat dalam tabulasi data bulanan Dinas Kesehatan Kota Surabaya pada tahun 2011-2015. Analisis yang digunakan yaitu metode double exponential smoothing Holt dan Brown. Menggunakan nilai terkecil dari MSE (Mean Square Error) untuk membandingkan hasil analisis dari kedua metode. Hasil peramalan dari metode double exponential smoothing Holt didapatkan nilai α sebesar 0,134 dan  sebesar 0,063 yang mempunyai MSE sebesar 1,198. Sedangkan hasil analisis dengan metode double exponential smoothing Brown didapatkan nilai α sebesar 0,051 yang mempunyai MSE sebesar 1,279. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah metode double exponential smoothing Holt merupakan metode terbaik untuk peramalan jumlah penderita diabetes mellitus di Kota Surabaya. Karena tingkat kesalahan yang dihasilkan lebih kecil daripada metode double exponential smoothing Brown.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 63-17 Sum p
Uncontrolled Keywords: double exponential smoothing, Holt, Brown, jumlah penderita diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SUMIASIH, 101411123064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof. , dr., M.PH, Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 21:27
Last Modified: 18 Jul 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item