PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU IBU RUMAH TANGGA PENDERITA HIV MENGGUNAKAN THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DI SURABAYA

NURINA AYU DEWI PUSPITA SARI, 101411123046 (2017) PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU IBU RUMAH TANGGA PENDERITA HIV MENGGUNAKAN THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 69-17 Sar p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tahun 2013, jumlah kematian akibat HIV AIDS di Indonesia 1,5 juta manusia. Tahun 2014, Jawa Timur menempati posisi kedua jumlah kasus terbanyak di Indonesia dengan jumlah kasus HIV 32.872. Berdasarkan status pekerjaan pada tahun 2014, ibu rumah tangga menempati posisi kedua kasus HIV di Surabaya dengan jumlah 129 kasus HIV. Tingginya ibu rumah tangga yang terkena HIV menjadi masalah kesehatan yang penting karena ibu rumah tangga tidak melakukan kegiatan di luar rumah tetapi malah menjadi penderita HIV dengan posisi kedua terbanyak di Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap perilaku ibu rumah tangga dengan menggunakan the theory of planned behavior di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling dengan membedakan informan primer sebanyak 3 ibu rumah tangga penderita HIV dan informan sekunder sebanyak 6 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga bulan Desember 2016. Pengambilan data dengan menggunakan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran dukungan sosial terhadap perilaku ibu rumah tangga pendeita HIV. Adanya perbedaan latar belakang, control beliefs, perceived control behavioural, niatan yang dimiliki dan dukungan sosial yang diterima informan dapat mempengaruhi perilaku yang dilakukan informan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dukungan sosial yang paling berpengaruh terhadap perilaku informan adalah emotional support dan networks support. Pengaruh lain perilaku informan berasal dari pengalaman yang pernah dialami oleh informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 69-17 Sar p
Uncontrolled Keywords: HIV, dukungan sosial, ibu rumah tangga
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NURINA AYU DEWI PUSPITA SARI, 101411123046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIra Nurmala, S.KM., M.PH., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 22:15
Last Modified: 18 Jul 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59106
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item