PENENTUAN NILAI PARAMETER LIPOFILIK (Log P), PARAMETER ELEKTRONIK (pKa), DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA 4-METOKSIENZOILUREA SEBAGAI PENEKAN SISTEM SARAF PUSAT PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS)

GURUH SURYA CAHYADI, 059411619 (1999) PENENTUAN NILAI PARAMETER LIPOFILIK (Log P), PARAMETER ELEKTRONIK (pKa), DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA 4-METOKSIENZOILUREA SEBAGAI PENEKAN SISTEM SARAF PUSAT PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 65.99 Cah p.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sifat lipofilitas dan elektronik suatu ohat menentukan dalam proses penembusan membran biologis. Parameter uotuk mengukurnya diantaranya adalah.lo.,S P dan pKa Telah dilakukan suam penelitian penentuan nilsi pKa. nilsi log P, dan uji aktivitas senyawa 4-metoksibenzoilurea sebagai penekan sistem saraf pusst pada mencil putih (J11Ismusc1I.lus). Nilai pKa 4-metoksibenzoilurea ditebipkan dengan metode spektrofotome1ri Uv. Oleh karena pada pH terpilih profit kurva memmjukkan bentuk kurva yang sarna, makasenyawa4-metoksibenzoilureatidak memiliki nilsi pKa Nilai log P senym,ya 4-metoksibenzoilurea secara percobaan diperoleh dari logaritma kOOar dalam lase oktanol dibagi kOOar dalam fase air. Nilai log P senyawa '\ -metoksibenzoilUTea dalmn percobarul adalah 1,034 Penentuau nilai lipofilitas seclrn perilitungan teoritis met ode :En Hausch-Fujita dan metode 1:./ Rekker Mannhold whitung dengan peqiumlahan nilai tetspan yang terdapat dalam tabel . Nilai log P metode 1:.n Hansch-Fujita adalah -Q,49 dan dengan melode '£! Rekker Mannhold adalah 1.026 Setelah dilakukan l!ji t satu sampet uutuk menguji signiftkasi antara log P percobaan dan log P perhitungan metode l:n Hansch-Fujita didapal bahwa nilai log P 4-m~toksibel1zoilw·ea dengan percobaan menggunakan sistem oktanol-wr mempunyai perheoaan bem18kna. Sedangkan dengan metode 'E/ Rekker Mannhold tidal< ada perbedaan benllakna Unlnk· \~ii aktivitas senyawa 4-metoksibenzoilurea sebagai penekan sistem saraf pusat digunakan uji potensiasi dari senyawa 4-meloksibenzoilurea terhadap aktivitas s~nyawa tiopenCai dengan mengukuf lama tidur pada hewan coba mencit (mus musculus). Selrul.!utnya data diolah dengan ltii t dua sampel dan terbukti bahwa terdapat perbedaan lama tidur dibandingkan kelompok kontrol yang berarti senyawa 4-metoksibenzoilurea mempunyai aktivitas sebagai penekan sistem sarafpusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
GURUH SURYA CAHYADI, 059411619UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSISWANDONO, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jul 2017 23:53
Last Modified: 18 Jul 2017 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59126
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item