PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA 15-19 TAHUN (Studi di Kelurahan Kapasmadya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya)

ANNISA SABILA NOVANDRA, 101211133080 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA 15-19 TAHUN (Studi di Kelurahan Kapasmadya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 71-17 Nov p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media jejaring sosial, khususnya Facebook merupakan trend dalam berkomunikasi pada masa perkembangan teknologi saat ini karena setiap pengguna tidak terkecuali para remaja dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya tanpa ada hambatan. Facebook dapat diakses cukup mudah hanya dengan satu genggaman yaitu smartphone atau gadget pribadi. Dampak negatif dari media jejaring sosial Facebook seperti perilaku seksual pranikah pada remaja dapat terjadi jika remaja menggunakan media tersebut dengan kurang baik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional karena menganalisis dengan melihat aktivitas pengguna media jejaring sosial facebook pada remaja terhadap perilaku seksual pranikah. Responden diambil dari populasi menggunakan metode simple random sampling. Data primer diperoleh menggunakan meode wawancara dengan kuesioner. Variabel bebas yang diteliti meliputi peran keluarga, pengaruh penggunaan Facebook, dan sikap pengendalian diri. Sebagian besar responden ialah perempuan dan berumur 15 tahun dengan pekerjaan ialah pelajar. Remaja mengakses media jejaring sosial Facebook dengan smartphone atau gadget pribadi. Durasi dalam mengakses yaitu <1 jam dan intensitasnya <5 kali sehari. Hasil uji Regresi Linier didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh adalah sikap pengendalian diri (p=0,000; F=60,075). Sedangkan variabel yang tidak signifikan berpengaruh ialah peran keluarga (p=0,051 F=3,901 )dan pengaruh penggunaan facebook (p=0,687 F=0,163). Kesimpulannya adalah variabel yang berpengaruh dari penggunaan media jejaring sosial Facebook terhadap perilaku seksual pranikah ialah sikap pengendalian diri. Disarankan untuk meningkatkan serta menguatkan sikap pengendalian diri bagi remaja terhadap seseorang yang belum dan tidak dikenal pada akun media jejaring sosial Facebook mereka. Remaja hendaknya berdiskusi kepada guru, sahabat, teman, dan keluarga bila ingin mengetahui tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 71-17 Nov p
Uncontrolled Keywords: Media jejaring sosial, Facebook, Remaja, Seksual pranikah
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANNISA SABILA NOVANDRA, 101211133080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNunik Puspitasari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Jul 2017 17:30
Last Modified: 19 Jul 2017 17:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59157
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item