HUBUNGAN RUMAH SEHAT DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KASUS KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGDUNG KECAMATAN KEDUNGDUNG KABUPATEN SAMPANG

UTUT ANDITA, NIM. 101411123078 (2017) HUBUNGAN RUMAH SEHAT DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KASUS KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGDUNG KECAMATAN KEDUNGDUNG KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 74-17 And h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kusta merupakan penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh Mycobacterim leprae. Prevalensi kusta di Kecamatan Kedungdung tertinggi di Kabupaten Sampang. Rumah yang tidak sehat diyakini dapat menjadi faktor risiko kasus kusta. Selain itu, kasus kusta sering terjadi pada beberapa kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik tertentu. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk menganalisis hubungan rumah sehat dan karakteristik individu dengan kasus kusta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian case control. Sampel kasus adalah penderita kusta sebanyak 34 orang. Sedangkan sampel kontrol adalah orang yang tidak menderita kusta sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungdung Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang pada bulan November 2016. Variabel bebas pada penelitian ini adalah rumah sehat (komponen rumah, sarana sanitasi, dan perilaku penghuni) dan karakteristik individu, sedangkan variabel terikatnya adalah kasus kusta. Analisis data menggunakan uji statistik regresi logistik multiple (α = 0,05). Hasil uji statistik regresi logistik multiple tentang rumah sehat dan karaktersitik individu menunjukkan yang paling berisiko terhadap kasus kusta adalah rumah tidak sehat. OR rumah tidak sehat menunjukkan 14,531, hal ini berarti rumah tidak sehat berisiko 14,531 kali lebih besar daripada rumah sehat. Disimpulkan bahwa rumah sehat dan karakteristik individu (umur) memiliki keterkaitan secara signifikan dengan kasus kusta, dimana rumah tidak sehat merupakan faktor yang paling dominan terhadap kasus kusta. Disarankan pada masyarakat untuk memperbaiki komponen rumah dan sarana sanitasi yang tidak memenuhi syarat serta meningkatkan perilaku sehat; pada Dinas Kesehatan untuk memberikan edukasi kesehatan tentang pentingnya rumah sehat untuk menurunkan kasus kusta dan melakukan screening terhadap penderita kusta subklinis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 74-17 And h
Uncontrolled Keywords: kasus kusta, rumah sehat, karakteristik individu
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
UTUT ANDITA, NIM. 101411123078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSoedjajadi Keman, Prof. , dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Jul 2017 19:17
Last Modified: 19 Jul 2017 19:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item