PENGARUH KUALITAS PRODUK PEMUTIH WAJAH TERHADAP KEPUASAAN DAN DAMPAKNYA PADA KESETIAAN PELANGGAN POND'S WHITE BEAUTY CREAM DI SURABAYA

Tri Pudji Lestari, 040338164 (2007) PENGARUH KUALITAS PRODUK PEMUTIH WAJAH TERHADAP KEPUASAAN DAN DAMPAKNYA PADA KESETIAAN PELANGGAN POND'S WHITE BEAUTY CREAM DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-lestaritri-4430-kkbkk-2-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-lestaritri-4430-b7007-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Citra wanita cantik adalah putih dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi desakan keinginan wanita yang merasa kulitnya kurang "cerah". Tak pelak karena keinginan tampil putih itu, mereka berusaha mendapatkan produk-produk yang dapat mewujudkannya. Perihal tersebut ditangkap sebagai suatu peluang bisnis yang menjanjikan bagi para produsen yang bergerak di industri kosmetik. Produk-produk perawatan kulit yang mengklaim bisa membuat kulit lebih putih dan halus laris manis diserbu konsumen. Dengan maraknya berbagai merek produk pemutih yang beredar di pasaran, hendaknya dapat membuat PT. Unilever Indonesia sebagai produsen Pond's White & Beauty Cream untuk lebih mawas diri dalam menghadapi iklim industri yang semakin kompetitif. Salah satu cara yang dapat diupayakan adalah melalui penciptaan kualitas produk yang mampu memenuhi tingkat kepuasan pelanggan. Tingkat kualitas yang tinggi akan menghasilkan kepuasan yang tinggi. Memuaskan pelanggan adalah pertahanan yang paling baik dalam melawan pesaing. Pelanggan yang puas akan menjadi setia, karena kesetiaan dipengaruhi secara langsung oleh kepuasaan dan ketidakpuasaan. Keberadaan pelanggan yang setia sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan hidup. Pertahanan ini sering menjadi strategi yang jauh lebih efektif ketimbang upaya menarik pelanggan Baru. Penelitian ini dimaksudkan agar perusahaan bisa mengetahui penilaian dari pelanggan atas kualitas produk dan untuk mengetahui apakah kualitas tersebut bisa mempengaruhi kesetiaan pelanggan melalui kepuasaan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitikberatkan pada pengujian hipotesa dengan alat analisa metode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasi. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita usia minimal 15 tahun, telah membeli produk minimal dua kali dan berdomisili di Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan cara accidental sampling dan purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan softwure Amos 4.0. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan, maka diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas produk yang terdiri dari performance, features, conformance dan aesthetics terhadap kepuasan pelanggan. Besarnya koefisien jalur pengaruh masing-masing variabel performance 0.134, variabel features sebesar 0.199, variabel conformance sebesar 0.585 dan variabel aesthetics sebesar 0.494. Kepuasaan berpengaruh positif signifikan terhadap kesetiaan pelanggan, dengan koefisien jalur sebesar 0.597. Seluruh hipotesa dalam penelitian ini terbukti signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 70/07 Les p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCTS; CONSUMER SATISFACTION; COSMETICS
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Tri Pudji Lestari, 040338164UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Effendie, Prof., Dr., S.EUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 27 Apr 2007 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item