HUBUNGAN KETERSEDIAAN DAN AKSES PANGAN DENGAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PADA PETANI DI KABUPATEN BOJONEGORO

DEWI PRASETYANINGTYAS, 101411123005 (2017) HUBUNGAN KETERSEDIAAN DAN AKSES PANGAN DENGAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PADA PETANI DI KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 79-17 Sis h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Status ketahanan pangan rumah tangga menjadi tolok ukur penilaian status ketahanan pangan nasional. Ketersediaan pangan dan akses pangan merupakan indikator untuk menilai status ketahanan pangan. Salah satu kelompok yang rentan mengalami rawan pangan adalah petani. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan ketersediaan dan akses pangan dengan status ketahanan pangan pada petani di Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancang bangun cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 35 responden buruh tani dan dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Wawancara dilakukan dengan menggunakan kuesioner ketersediaan pangan, kuesioner Household Dietary Diversity Scale (HDDS), dan kuesioner USHFSSM. Variabel bebas penelitian adalah jumlah anggota keluarga, pendapatan keluarga, pengeluaran keluarga, akses ekonomi, akses fisik, dan akses pangan. Variable terikat penelitian adalah status ketahanan pangan rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan pangan buruh tani (65,7%) tergolong kurang, mayoritas akses pangan buruh tani (45,7%) tergolong sedang, dan status ketahanan pangan rumah tangga petani (51,4%) mengalami rawan pangan dengan derajat kelaparan sedang. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara ketersediaan pangan dan akses pangan dengan status ketahanan pangan rumah tangga petani dengan p = 0,041 (p<α) dan p = 0,047 (p<α). Penelitian ini menyimpulkan bahwa yang berhubungan dengan status ketahanan pangan pada rumah tangga petani adalah ketersediaan pangan dan akses pangan. Penelitian ini merekomendasikan perlu peningkatan pemberian edukasi melalui penyuluhan terkait alokasi pengeluaran untuk membeli pangan dengan harga murah, tetapi bernilai gizi tinggi, perlu penyisihan lahan kosong sebagai tempat lumbung padi unutuk meningkatkan ketersediaan pangan, dan mengajak masyarakat setempat untuk bergotong royong membentuk program “Jimpitan Beras” untuk membantu penyediaan jumlah pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 78-17 Pra h
Uncontrolled Keywords: ketersediaan pangan, akses pangan, status ketahanan pangan rumah tangga petani
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DEWI PRASETYANINGTYAS, 101411123005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTriska Susila Nindya, S.KM., M.PH.(Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Jul 2017 20:27
Last Modified: 19 Jul 2017 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item