ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEKERJA PENGELASAN DI PT ALIM AMPUH JAYA STEEL SIDOARJO

VADILA ZAKKY MAHARDHIKA, 101411123095 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEKERJA PENGELASAN DI PT ALIM AMPUH JAYA STEEL SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 86-17 Mah a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja kebanyakan terjadi karena tindakan tidak aman yang bersumber dari manusia yang melakukan kegiatan di tempat kerja. Kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh tindakan tidak aman dari pekerja dapat dipelajari dengan menganalisa faktor yang mendasari tindakan seperti faktor predisposisi, faktor penguat dan faktor pendorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor yang berhubungan dengan tindakan pekerja pengelasan di PT Alim Ampuh Jaya Steel. Penelitian ini bersifat observasional dengan desain cross sectional. Subyek penelitian ini adalah total populasi sebanyak 20 pekerja pengelasan. Data diperoleh dari lembar kuesioner, wawancara dan observasi. Data yang tersedia disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang antara beberapa variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendasari tindakan pekerja pengelasan meliputi karakteristik individu yaitu umur, masa kerja, dan tingkat pendidikan; faktor predisposisi yaitu tingkat pengetahuan dan sikap; faktor pemungkin yaitu fasilitas pengelasan; dan faktor pendorong yaitu pelatihan pengelasan. Tidak ada hubungan antara semua faktor dengan tindakan yang dilakukan oleh pekrja pengelasan. Fasilitas pengelasan di PT Alim Ampuh Jaya Steel yang kurang lengkap sehingga banyak pekerja yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur pengelasan. Perusahaan disarankan untuk mengadakan program pelatihan mengenai bahaya pekerjaan pengelasan dan menerapkan ijin kerja panas sebagai sarana pengawasan. Tirai PVC sebaiknya dipasang sebagai pembatas area kerja pengelasan agar pekerja di sekitar pengelasan tidak terpapar fume dan UV. Perusahaan juga disarankan untuk mengadakan pemerikasaan bagi pekerja pengelasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 86-17 Mah a
Uncontrolled Keywords: tindakan, pengetahuan, sikap, fasilitas, pelatihan, perusahaan baja, pengelasan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
VADILA ZAKKY MAHARDHIKA, 101411123095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. Denny Ardyanto W., Dr. , Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Jul 2017 16:34
Last Modified: 20 Jul 2017 16:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59234
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item