STUDI HUBUNGAN KUANTITATIF ANTARA SIFAT LIPOFILITAS(Lf)\ SIFAT ELEKTRONIK (pKa) DAN SIFAT STERIK (BM) DENGAN AKTIVITAS ANALGETIK DARI TURUNAN ASAM BENZENA ASETAT PADA MENCIT

AUDREY ARIANI, 059311502 (1998) STUDI HUBUNGAN KUANTITATIF ANTARA SIFAT LIPOFILITAS(Lf)\ SIFAT ELEKTRONIK (pKa) DAN SIFAT STERIK (BM) DENGAN AKTIVITAS ANALGETIK DARI TURUNAN ASAM BENZENA ASETAT PADA MENCIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk ff 962.98 Ari s.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini ban yak dilakukan penelitian untuk memperoleh obat-obat dengan aktivitas biologis yang tinggi dan toksisitas yang rendah. Untuk dapat melakukan penelitian ini perlu diketahui hubungan antara struktur senyawa dengan aktivitas biologisnya. Struktur molekul suatu senyawa dapat dimanifestasikan melalui sifat kimia fisika yang dapat dikuantifikasikan dalam bentuk parameter lipofilitas, elektronik dan sterik. Adapun manfaat dari hasil penelitian ini adalah untuk mcmberikan infonnasi pentingnya mengetahui hubungan antara struktur dengan aktivitas untuk rncmperoleh senyawa baru yang mempunyai aktivitas yang lebih tinggi. Aktivitas biologis yang diteliti adalah aktivitas analgetik. Untuk memperoleh hasil aktivitas analgetik yang diharapkan maka dilakukan percobaan dengan menggunakan mencit sebagai hewan coba. Hewan coba ini diberi asam asetat secara intraperitonial untuk menimbulkan rasa nyeri yang dapat dilihat dari geliatan yang dihasilkan oleh hewan coba tersebut. Dan sebagai penghambat rasa nyerinya digunakan analgetika turunan asam benzena asetat (Ibuprofen, Ketoprofen dan Na Diklofenak). Sedangkan untuk parameter lipofiJitas, elektronik dan sterik, dalam penelitian ini digunakan sigma f, pKa dan BM yang hargaharganya diperoleh secara teoritis dari literatur. Dar: hasil korelasi antara aktivitas analgetik dengan masing-masing parameter dikctahui bahwa parameter sterik yang diwakili oleh BM memberikan pengaruh yang paling besar terhadap aktivitas analgetik di mana hal ini sesuai untuk senyawa dengan struktur khas. Sedangkan untuk kedua parameter yang lain memberikan pengaruh yang lebih kecil. Tetapi jika dilakukan korelasi antara dua parameter atau lebih dengan aktivitas analgetiknya maka diketahui bahwa dengan ditingkatkannya sifat lipofilitas, elektronik dan sterik akan diperoleh analgetika dengan ak1ivitas yang lebih tinggi. Penelitian iill dapat dilanjutkan untuk memperoleh senyawa analgetika baru yang mempunyai aktivitas analgetik yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP501-801 Animal biochemistry
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsEmail
AUDREY ARIANI, 059311502UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAMBANG SOEKARDJO, Dr., Apt., S.U.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jul 2017 17:44
Last Modified: 20 Jul 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item